Embung Kulo, Salah satu Potensi Wisata di Desa Parepei

Berkunjung ke salah satu objek wisata bisa memberikan banyak manfaat bagi wisatawan. Tidak hanya memberikan pengalaman yang menyenangkan, tetapi juga memberikan kesempatan untuk belajar, mengalami kebudayaan yang berbeda, dan menciptakan kenangan yang berharga. Selain manfaat pribadi, ekonomi juga bisa diuntungkan dari objek wisata.

Misalnya, salah satu potensi objek wisata alam yang ada di Kabupaten Minahasa Kecamatan Remboken desa Parepei. Di sana di dapati semacam bendungan kecil yang di sebut Umbung Kulo oleh masyarakat setempat.

Menurut kepala desa Parepei, Harter Kasenda, Embung Kulo tersebut menjadi salah ikon wisata alam yang di desa Parepei, dimana embung Kulo tersebut adalah satu sumber suplai air ke ladang persawahan yang menghubungkan dari desa Parepei sampai di di desa pusat kecamatan Remboken.

Untuk itu selaku pemerintah desa bersama aparat dan masyarakat, sangat menjaga serta memelihara kelestarian dan keindahan Embung Kulo itu, karena ini sudah tercipta sejak lama. Kami terus adakan perawatan dipinggir Embung tersebut.

Dengan masuknya Bantan program pemerintah pusat untuk pedesaan, lewat anggaran dana desa pernah di anggarkan untuk pembuatan tanggul di pinggiran embung. dan sudah tentu itu hasil kesepakatan masyarakat dan perangkat desa melalui musrenbangdes.

Harapan kami semoga Embung Kulo tersebut bisa menjadi ikon wisata alam yang ada di desa parepey, sehingga dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung di embung tersebut. Dengan demikian desa kami juga dapat berkontribusi dalam pengembangan potensi objek wisata yang ada di Minahasa. Sehingga dapat terciptanya multi player efek yang menjadikan perekonomian yang lebih maju.

Wisatawan yang datang mengunjungi objek wisata juga dapat memberikan dampak positif di sektor pariwisata. Pengeluaran mereka atas transportasi, tempat menginap, makanan dan kegiatan lainnya memberikan pendapatan bagi perusahaan lokal, meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan warga setempat yang terlibat dalam sektor pariwisata, dan memperkuat perdagangan lokal secara keseluruhan. Tutur Kasenda.

( Fadly Bujung )

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.