Sosialisasikan HPV, Felly Runtuwene Disambut Warga Karumenga.

Minahasa – Kepedulian pada masyarakat tentang hidup sehat, Felly Estelita Runtuwene.SE sebagai anggota DPR-RI partai Nasdem menyampaikan pesan tentang pola hidup sehat kepada masyarakat.

Di temui wartawan Suarasulutnews.co.id di kota kacang Kawangkoan, (11/9). Felly Runtuwene menyampaikan di sela-sela aktifitas weekend nya sejak Minggu kemarin, bahwa kesehatan sangatlah penting untuk senantiasa di perhatikan.

Dikatakannya, bahwa salah satu anggaran terbesar bagi masyarakat adalah penanganan masalah kesehatan. Untuk itu perlunya sosialisasi dan edukasi secara rutin bagi masyarakat menyangkut pola hidup sehat. Istirahat yang tepat waktu, menu makan dan minum yang sesuai kebutuhan tubuh, serta pengecekan kesehatan di puskesmas sangatlah penting di terapkan dalam kehidupan.

Selaku anggota DPR-RI di komisi sembilan, yang di dalamnya terkait penanganan kesehatan, tentunya saya harus turun ke masyarakat dalam memberikan sosialisasi serta edukasi yang berkaitan dengan kesehatan.

Dijelaskannya lagi, bahwa saat ini kami tengah menjalankan sosialisasi mengenai HPV. HPV adalah vaksin untuk pencegahan serangan virus pada perempuan. Virus tersebut menduduki peringkat teratas kedua mematikan kaum wanita, setelah kangker payudara, kata Felly.

Untuk itu perlunya sosialisasi di tengah masyarakat mengenai vaksin HPV. Di jelaskan nya juga bahwa vaksin HPV di wajibkan pada anak perempuan dari usia 9-11 dan menjadi program Nasional. Sulawesi Utara untuk kota Manado dari data yang di rangkum media ini sejak 2019 program tersebut telah di jalankan.

Sebagai anggota komisi sembilan DPR-RI yang membidangi kesehatan,. Anggota Dewan Perwakilan Sulut partai Nasdem ini menyentil juga mengenai penangan pencegahan Stunting,
Menurutnya masalah Stunting harus mendapat skala prioritas di tengah masyarakat dan di tangani oleh pemerintah setiap daerah.

Salah satu penyebab terjadinya stunting adalah perkawinan pada usia dini yang belum matang dan asupan gizi yang tidak seimbang. Hal ini perlu perhatian serta penanganan pemerintah. Salah satunya ada memberi sosialisasi di tengah masyarakat serta memberi edukasi tentang kesehatan. Tutur Felly Runtuwene, yang saat ini maju dalam pencalonan anggora DPR-RI dari partai Nasdem dapil Sulut.

( Farly Bujung )

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.