VASUNG Intens Tumbuh Kembangkan Potensi Masyarakat di Dunia Seni

Minahasa – Kepedulian Anggota Dewan Pusat, DPR-RI Partai Demokrat Indonesia, Vanda Sarundajang atau lebih akrab dengan sapaan “VASUNG”, secara intens melaksanakan kegiatan di tengah masyarakat.

Vasung yang duduk di fraksi PDIP DPR-RI komisi X, sesuai dengan tugas dalam komisi itu, salah satunya menangani kepariwisataan, tak berhenti ide dan kreatif dalam menuangkan serta menggali potensi yang ada di tengah masyarakat, khususnya masyarakat Sulawesi Utara yang adalah daerah pemilihannya.

Hari ini Senin 16 Oktober 2023, bertempat di Objek Wisata YUNGKEN PARK desa Toraget Kecamatan Langowan Utara, Kabupaten Minahasa, Vasung menggelar kegiatan ” BISAFEST “, yang dalam rangkaian kegiatannya adalah Kreasi Musik dan Tari Modern Minahasa.

Kelangsungan acara tersebut di pandu oleh seorang MC yang profesional dan di hadiri oleh Anggota DPR-RI Partai Demokrat Indonesia, Vanda Sarundajang selaku penggagas kegiatan, serta turut hadir dari kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif Ketua Tim Wisata Bahari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Fahmiu Oktavino, serta staf. Juga dari unsur pemerintah kabupaten Minahasa, mewakili Pj. Bupati Minahasa Dr. Jemmy Kumendong, MSi, oleh kepala dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Drs. Dolfie Kuron.MBA. serta unsur pemerintah Kecamatan Langowan Utara, Camat Langowan Utara .Dra.Yenni Palit.SE. dan anggota polsek Langowan, serta para tim Vasung dan kelompok seni Vokal dan tari.

Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Vasung, Dalam sambutannya mengawali kegiatan tersebut, ia menyampaikan bahwa betapa pentingnya peran serta dari pemerintah guna menggali serta menumbuh kembangkan minat dan bakat putra dan putri daerah yang ada di Sulut, terlebih khusus saat ini di Minahasa.

Peran serta dari pemerintah terhadap potensi potensi minat bakat seni, merupakan akses untuk membawa mereka kepada dunia seni yang profesional. Sehingga dengan demikian dapat membawa nama harum dari suatu daerah dan menjadi duta seni suatu daerah.

Sudah tentu saya selaku anggota DPR-RI komisi X, yang di dalamnya keterkaitan dengan dunia kepariwisataan, akan memperhatikan potensi potensi bakat seni yang ada di daerah Sulawesi Utara, ujarnya.

Sekertaris Tim Vasung, Torry Kojongian dalam keterangannya pada media ini menjelaskan bahwa, upaya serta perhatian ibu Vanda Sarundajang dalam memajukan sektor pariwisata khususnya di bidang seni dan tari, telah banyak berkontribusi.

Tentunya kita sebagai masyarakat Sulawesi Utara, harus berbangga, bahwa masyarakat Sulut memiliki perwakilan di pusat, guna membawa aspirasi masyarakat di berbagai bidang yang ada dalam tugas komisi X.

Dijelaskan lagi oleh Torry, bahwa ada banyak program – program yang bakal di usul ke pemerintah pusat untuk di turunkan ke Sulut. Sudah tentu program tersebut kembali di perjuangkan ketika VaSung duduk kembali sebagai anggota DPR-RI mewakili Sulut periode 2024-2029. Kita doakan saja agar cita-cita yang luhur dari ibu Vanda di kabulkan Tuhan.tutur Kojongian.

Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Minahasa, Drs. Dolfie Kuron.MBA. dalam keterangannya di sela kegitan itu menjelaskan ; Dunia seni adalah salah satu cermin ciri khas suatu daerah. tentunya kita harus menumbuh kembangkannya serta menjaganya.

Lewat seni yang ada, merupakan salah satu gerbang untuk mengharumkan suatu daerah. Misalnya di Minahasa ada tarian Maengket, ini adalah sesuatu yang lahir dari kearifan lokal dan menjadi suatu karya seni tari.

Sudah tentu ini membawa ciri khas daerah kita Minahasa. Untuk itu perlunya ada perhatian serta dukungan dari berbagai pihak. Dan kami pemerintah yang membidangi akan hal itu, pasti kami akan meramu suatu aktifitas kegiatan dalam bentuk lomba, agar dengan demikian bakat dan seni itu terus terjaga dan terpelihara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut vokalis yang miliki suara khas. Rommy Roso, Rommy Roso memiliki keunikan vokal, dengan keunikan itu dia dapat bernyanyi dengan vokal suara pria dan suara wanita. Kehadirannya dalam momen BISA FEST, sontak membuat suasana menjadi semararak penuh tawa

(Farly Bujung)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.