Usai Survey Reakreditasi Puskesmas Ratahan Komitmen Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan

Mitra – Lembaga Akreditasi Komite Mutu dan Kesehatan Primer (KMKP), lakukan survey Reakreditasi di UPTD Puskesmas Ratahan, Kecamatan Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) selama 3 hari (11 – 13), yang berakhir pada hari ini Rabu, (13/12-2023.

Hastomo Anthoni, Skep, Ns selaku ketua survey di dampingi dr. Yesty Gloria Kaparang, M. kes, usai lakukan survey selama tiga hari mengatakan, bahwa kehadiran Kami disini di tugaskan dari kementrian kesehatan untuk melakukan survey terakreditasi di Puskesmas Ratahan selama tiga hari (11 – 13), tugas kami untuk memotret melihat seberapa aktivitas pelayanan yang ada di Puskesmas dengan membandingkan standar terakreditasi yang ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan.

Selain memotret kami melihat fakta fakta pelayanan yang ada di Puskesmas Ratahan, selain itu juga kami memberikan informasi berupa saran untuk perbaikan apa yang perlu di perbaikan serta hal hal untuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Hal ini penting agar dapat memberikan manfaat, tentunya kepada masyarakat sebagai pengguna pelayanan, juga kepada keluarga baik itu ada di dalam gedung maupun diluar gedung” ujar Hastono.

Menurutnya, dengan begitu dapat memberikan dampak dan kepuasan kepada pasien dalam menerima pelayanan dari puskesmas, juga dapat meningkatkan tingkat kepercayaan pelayanan pasien pada Puskesmas Ratahan.

“Ini dapat meningkatkan kepercayaan diri pasien untuk memeriksakan diri di puskesmas Ratahan. Karna dianggap memberikan pelayanan yang bermutu dan berkualitas yang dianggap sesuai standar kementrian kesehatan” cetus ketua tim survey.

Dikatakannyapula, dalam survey bab bab yang kami potret di lapangan untuk lakukan penilaian ada beberapa komponen utama yaitu,

– Kepemimpinan dan manejemen Puskesmas.

– Upaya kesehatan masyarakat.

– Upaya perseorangan dan penunjang.

– Program prioritas nasional dan

– Program puskesmas.

“Itulah hal hal yang kami potret selama tiga hari kami berada di puskesmas Ratahan” ujarnya.

Ditambahkannyapula, setelah pihaknya selesai melakukan penilaian Puskesmas ini,  kami akan melaporkan ke Lembaga Penyelenggara Akreditasi yang menaungi kami yaitu LPA, setelah itu dilakukan verifikasi kurang lebih seminggu dan diserahkan ke kementrian kesehatan.

Disinggung terkait hasil survey yang dilakukan, menurutnya sebagian besar Puskesmas Ratahan telah memenuhi standar, dan sifat dalam penilaian itu bersifat rahasia, mutlak dan tidak bisa disebutkan ke pihak manapun dan itu hanya pihak LPA dan Kementrian yang mengetahui informasinya.

“Jadi informasi out put dari hasil penilaian ini akan di terbitkan lewat penetapan status akreditasi oleh kementrian kesehatan, yang nantinya akan dipantau langsung oleh Puskesmas, lewat sistim faskes Online Puskesmas Ratahan hingga sampai pada penerbitan sertifikat Akreditasi secara mandiri, tutup Hastomo Anthoni.

dr  Linda Tolu selaku kepala UPTD Puskesmas Ratahan kesempatan itu juga mengungkapkan, dengan berakhirnya tim surveyor berada di puskesmas terkait Akreditasi, kami berkomitmen Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan bagi masyarakat.

Terima kasih kepada kedua tim surveyor yang selama 3 hari berada di Puskesmas Ratahan dan telah banyak memberikan arahan arahan serta apa yang perlu harus kami perbaikan, singkat Kapus Linda Tolu.

(Jan)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.