M2O Siap..! Dampingi RD Dukungan Masyarakat Kian Berdatangan.

Minahasa – Reputasi karir dan nama yang harum boleh dikata sebagai jalan Tol dalam melanjutkan suatu rencana ke depan.Tahun 2024 adalah tahun politik, belum lama masyarakat telah berpartisipasi dalam memberi dukungan suara kepada capres cawapres, demikian juga dengan Pileg pada 14 Februari 2024. Dan kini masyarakat kembali mempersiapkan diri dan menetapkan pilihannya untuk calon pemimpin daerah, Pilgub dan Pilwako, serta pemilihan bupati.

Segelintir nama yang terpajang dalam baliho – baliho bakal calon kian ramai di setiap tempat. Di Minahasa contohnya, saat ini kian banyak pajangan baliho para calon bupati dan wakil bupati yang terpampang di berbagai tempat, sudah tentu tujuannya untuk mensosialisasikan diri sebagai calon bupati dan wakil bupati. Ada figur yang baru dan ada juga yang sudah lama terbangun hubungan emosional dengan masyarakat.
semua berupaya menarik simpati masyarakat untuk menjadi referensi pengusungan dari partai peserta politik pilkada di Minahasa.

Namun di balik semua itu, masyarakat pemilih sudah tentu dalam menentukan pilihannya ada banyak penilaian terhadap para calon. SDM serta Integritas dan juga finansial merupakan modal yang perlu di miliki oleh para calon. Sapaan MO2 , sangatlah familiar di tengah masyarakat Minahasa. Itulah istilah singkatan dari pemilik nama, Drs.Meiki.M.Onibala.M.Si.

Siapa yang tak kenal dengan tokoh birokrat pemprov ini, masa pengabdiannya sebagai seorang ASN yang di gulutinya selama 41 tahun, telah banyak mencetak prestasi dan menduduki jabatan – jabatan yang stategis dalam.pemerintahan. Panggilan M2O tersebut tercetus sejak dirinya pernah mencalonkan diri sebagai calon Bupati di Minahasa beberapa waktu yang lalu.
Sejak itulah nama M2O kian akrab di tengah masyarakat Minahasa.

Saat ini, M2O kembali hadir dalam sebagai calon wakil bupati Minahasa yang di gadang gadang berdampingan dengan kakak kandung dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey, yakni Robby Dondokambey, calon bupati Minahasa 2024 – 2029. Dr.Robby Dondokambey S.Si.MM.MAP. adalah mantan wakil bupati Minahasa periode 2019 – 2024 yang kini telah maju dan terpilih pada pileg 2024 sebagai anggota legislatif partai PDI-P dapil Tomohon dan Minahasa.

Saat ini baliho RD -M2O telah terpajang di beberapa kecamatan yang ada di Minahasa. Lalu apa tanggapan dari beberapa tokoh masyarakat yang ada di Minahasa mengenai sosok calon bupati M2O yang akan berpasangan dengan RD.?

Adi Walewangko, adalah warga desa Tincep Kecamatan Sonder. Menurut Adi, figur M2O adalah figur yang sangat layak untuk maju sebagai calon bupati Minahasa berpasangan dengan Robby Dondokambey. Menurutnya Meiki Onibala adalah birokrat yang handal. Berbagai prestasi telah di tunjukkan oleh pak Meiki Onibala , setahu saya, pak Meiki pernah menjabat sebagai Bupati Minahasa Selatan, dan terakhir dalam masa tugasnya sebagai pejabat kepala inspektorat Pemprov Sulut. Sudah tentu kami warga masyarakat Minahasa tidak meragukan dengan keberadaan pak Meiki untuk memimpin Minahasa. Mana lagi pak Meiki terkenal dengan sifat yang suka bergaul dan orangnya taat beribadah, karena sebagai salah satu pemimpin di Gereja Pusat GPdI. Tutur Adi yang juga selaku petani teladan kontak tani nelayan Minahasa, asal desa Tincep.

Demikian juga dengan Berti Kolompoy asal Kecamatan Tompaso. Menurut Berty, Meiki Onibala sangat di kenal di berbagai kalangan,baik petani, kudawan, bahkan masyarakat pada umumnya yang ada di Minahasa. Dikenal ketokohannya, dikenal kebaikannya, dan kami tau pak Meiki adalah orang pandai dan berprinsip. Kata Berti.

M2O, saat di konfirmasi, di kediamannya di desa Tolok, terkait cerita calon wakil bupati Minahasa yang di gadang akan berpasangan dengan Robby Dondokambey, M2O menyampaikan bahwa, dirinyapun siap dan berterima kasih kepada seluruh simpatisan yang senantiasa memberi semangat dan membantu. Tujuan saya adalah selagi masih di beri anugerah kesehatan, dan semangat oleh sang pencipta, Tuhan kita Yesus Kristus, di situlah kita memberi diri untuk melayani, dan itu adalah bentuk ibadah kita yang sesungguhnya. Tutur ketua kaum bapa GPdI se Indonesia dan Luar Negeri.

Berikut jabatan yang pernah di emban
Drs.Meiki.Onibala.M.Si. :
– Staf Pemerintah kota Manado
– Staf DPRD kota Bitung
– Kasubag Umum DPRD kota Bitung
– Plt.Sekwan kota Bitung
– Sekretaris Wilayah Kecamatan Bitung Utara
– Kasie Pengangkutan Sampah kota Bitung
– Kasubdin Dinas Perhubungan kota Bitung
– Kabag Kepegawaian kota Bitung
– Kadis LLAJ kota Bitung
– Kabag Umum Biro Kepegawaian.Prov.SULUT
– Sekretaris BKD Prov.SULUT
– Kepala Biro Pembangunan Sekretariat Daerah
Prov.SULUT
– Kepala Badan Kepegawaian Daerah Prov.SULUT
– Penjabat Bupati Minahasa Selatan
– Asisten 1 Sekda Prov.SULUT
– Inspektur Daerah.Prov.SULUT.
– Kepal Dinas Pemuda dan Olahraga.Prov.SULUT
– Kepala Kesbangpol.Prov.SULUT
– Inspektur Daerah Prov.SULUT/ Pjs Bupati
Minahasa Selatan.

Dan saat ini dua hari dari masa purna baktinya sebagai abdi negara Meiki Onibala, kembali di percayakan oleh Gubernur SULUT. Prof.HC. Olly Dondokambey.SE. sebagai Staf Khusus Gubernur bidang pemerintahan dan otonomi daerah.

(Farly Bujung )

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.