SKPD Tampil PD,Pembahasan APBD-P Sangihe Berlangsung Sengit

 

Pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) 2015 oleh DPRD dan Pemkab Sangihe,

Pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) 2015 oleh DPRD dan Pemkab Sangihe,

TAHUNA,Suarasulutnews.co.id–Pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) 2015 oleh DPRD dan Pemkab Sangihe, (Kamis (15/10) kemarin berlangsung sengit. Tidak hanya diwarnai dengan banyaknya pertanyaan yang terangkat oleh masing-masing komisi, duel argumentasi antara Legislator dan Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tampil percaya diri (PD), turut mewarnai sidang pembahasan gabungan komisi tersebut.

Sebut saja duel argumen antara personil Komisi A, Dolfuto Taramen dan Kadis Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Menengah Kecil Mikro (Perindagkop-UMKM), Olden Lahamendu, terjadi perdebatan yang cukup panjang soal pendapatn retribusi pasar sebelum diakhiri pimpinan sidang Wakil Ketua DPRD, Frejon Sampakang. Duel argumen juga terjadi antara personil komisi C, Dalma Salatia dan Direktur Persuhaan Daerah Bersatu, Philip Tuage.

Salatia pada kesempatan itu bahkan sempat meminta Tuage diganti dari direktur PD Bersatu dengan alasan tak mampu melaksanakan tugas dengan baik.

Duel juga terjadi antara personil komisi A, Vermin Katiandagho dengan Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes), terkait pencairan anggaran dana desa (ADD) serta adanya perpanjangan masa jabatan kapitalaung (Kepala kampung).

Dalam duel argumen itu Katiandagho bersikeras berasumsi kalau perpanjangan jabatan seorang kapitalaung menyalahi aturan dan harus diganti oleh penjabat dari kalangan PNS, termasuk kapitalaung yang telah lewat masa jabatannya rentan terhadap hukum ketika mencairkan ADD.

Disisi lain Plt. Kabag Pemdes, R. Rakinaung tetap berasumsi pihaknya telah melaksanakannya meski secara bertahap sambil menunggu usulan kecamatan. Begitupun salah satu Kasubag Pemdes, M. Landeng ketika diminta menjelaskan soal pencairan ADD, ia dengan tegas mengaku siap bertanggung jawab ketika pencairan ADD itu menyalahi aturan. Dalam duel ini, dari meja pimpinan Wakil Ketua DPRD Risal Paul Makagansa juga harus menyudahinya dengan memberikan argumen kalau permasalahannya nanti dibahas pada momen yang lain.

Tercatat masih ada beberapa duel sengit juga terjadi, yakni antara ketua Komisi B Ferdy Sinedu dan Kepala Badan Layanan Pengadaan, Frangky Runtulalo terkait mekanisme proses tender proyek serta personil komis C Asryad Lawendatu dengan Kadis Kesehatan Dr. O.Papodi menyangkut pelayanan kesehatan dan dana kapitasi.

Hingga berita ini diturunkan, pembahasan masih berlangsung dan direncanakan akan berlanjut hingga malam hari.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.