Sosialisasi Peningkatan Peran Masyarakat dalam Pengendalian Lingkungan Hidup

Pemkot Tomohon Sosialisasi tentang Peningkatan peran serta Masyarakat dalam pengendalian lingkungan hidup, tentang optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan melalui pengembangan dan budidaya Florikultura

Pemkot Tomohon Sosialisasi tentang Peningkatan peran serta Masyarakat dalam pengendalian lingkungan hidup, tentang optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan melalui pengembangan dan budidaya Florikultura

Tomohon, Suarasulutnews.co.id– Peningkatan peran serta Masyarakat dalam pengendalian lingkungan hidup, tentang optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan melalui pengembangan dan budidaya Florikultura di sosialisasikan pemerintah kota tomohon yang di buka oleh sekertaris kota Tomohon Drs Arnold Poli SH.MAP,mewakili walikota Jimmy Eman, di laksanakan di aula antai 3 Kantor Walikota.

Pada kegiatan ini pemerintah menghadirkan pembawa materi yakni DR Ir Martina Langi M.Sc, Assisten Bidang Ekonomi Pembangunan,Sekretariat Kota Tomohon Ronny Lumowa, S.Sos. M.Si, Kepala Bagian Administrasi Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kota Tomohon Dra. Adeline Poluan, dan di hadiri undangan peserta dari utusan SKPD dan Kelurahan yang ada di Kota Tomohon.

Sekertaris Daerah kota tomohon DR. Drs. Arnold Poli, SH. MAP dalam sambujtannya mewakili walikota mengatakan, pekarangan adalah lahan disekitar rumah dengan batas kepemilikan yang jelas, serta menjadi tempat tumbuhnya berbagai jenis tanaman dan tempat memelihara berbagai jenis ternak dan ikan.

“ Untuk tanaman pekarangan biasanya menghasilkan umbi-umbian, buah-buahan sayur-sayuran, tanaman obat dan bunga, yang tentunya disesuaikan dengan lahan yang ada. Banyak manfaat yang didapatkan dari lahan yang kita tanami seperti : sumber pangan, sumber hidup berbagai biota kecil atau ternak, penyerap karbondioksida dan penghasil oksigen, tempat resapan air, serta tempat pendidikan / belajar anggota keluarga dan juga salah satu upaya mengurangi dampak perubahan iklim,”katanya.

Sementara itu Kepala Bagian Administrasi Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kota Tomohon Dra. Adeline Poluan dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan Kegiatan Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengendalian Lingkungan Hidup Tentang Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Melalui Pengembangan dan Budidaya Florikultura.

“Ini adalah untuk terkoordinasi dan sinkronisasi dengan para kepala SKPD yang terkait, revitalisasi kegiatan ekonomi produktif, menciptakan lingkungan yang hijau, bersih, indah, asri, mengoptimalisasi Kota Tomohon sebagai kota bunga dan wisata, mempertahankan sumberdaya genetic lokal yang tersedia dan mengurangi dampak perubahan iklim,”ujarnya.   (jems moring)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.