Wabub Sesalkan Putus Kontrak Proyek Puskesmas Tona

Jabes GaghanaTAHUNA,Suarasulutnews.co.id-Terjadinya pemutusan kontrak pekerjaan terhadap proyek pembangunan Puskesmas Tona Tahuna Timur disesalkan Wakil Bupati Jabes Gaghana SE,ME. Rasa sesal orang nomor dua di Sangihe itu karena kemungkinan besar fasilitas kesehatan yang dibangun dengan anggaran kurang lebih Rp 3 miliyar tersebut,bakal tersendat pemanfaatannya,termasuk masyarakat sendiri yang begitu membutuhkan keberadaan puskesmas, terpaksa harus dikorbankan.

”Bagaimana ini, masak harus terjadi putus kontrak pada proyek yang notabene sangat dibutuhkan masyarakat. Kasihan masyarakat harus menjadi korban hanya ketidak beresan kontraktor dan instansi pengelola proyek,”tegas Gaghana.

Kepala Dinas (Dinkes) Kesehatan Dr. Oktavianus Papodi tak bias berkomentar lebih ketika dikonfirmasi soal pemutusan kontrak saat dikonfirmasi usai rapat evaluasi kemarin.”Hal ini masih akan dikoordinasikan dengan pak Sekda,”kata Papodi.

Sementara Sekda Edwin Roring SE,ME justru menyesalkan pihak Dinkes langsung memberlakukan pemutusan kontrak tersebut saat dikonfirmasi terpisah.

Menurut Roring,harusnya ada koordinasi pihak Dinkes bersama kontraktor dengan pihak-pihak teknis, karena apalagi pemutusan kontrak dilakukan disaat realisasi proyek sudah mencapai 87 persen.

”Bayangkan saja tinggal tersisa 13 persen pekerjaan selesai harus diputus kontrak. Sayang sekali fasilitas yang begitu vital bagi masyarakat harus terkena masalah hanya karena tidak profesionalnya instansi pengelola dan kontraktor. Yang pasti ini akan menjadi catatan dan menjadi bahan evaluasi kami,”ungkap Roring.

Kepala Bapeda Josephus Kakondo BAE dan Asisten II, Benny Pilat SE, juga ramai-ramai menyesalkan pihak Dinkes yang terlalu cepat melakukan putus kontrak tersebut.

”Padahal banyak langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari pemutusan kontrak,karena puskesmas ini sangat penting untuk pelayanan kesehatan. Ini pasti sejak awal kegiatan tidak terjalin koordinasi yang baik antara instansi teknis dan kontraktor,”ujar kedua pejabat yang sama-sama mantan kadis Pekerjaan Umum Sangihe itu.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.