Hanya PDIP Memenuhi Syarat Usung Calon Pilkada Sangihe

Perjuangan menjadi satu-satunya parpol di DPRD Kabupaten Sangihe yang memenuhi syarat dapat mencalonkan pasangan Cabub-Cawabub pada pilkada 2017

PDI Perjuangan menjadi satu-satunya parpol di DPRD Kabupaten Sangihe yang memenuhi syarat dapat mencalonkan pasangan Cabub-Cawabub pada pilkada 2017

TAHUNA,Suarasulutnews.co.id-PDI Perjuangan menjadi satu-satunya parpol di DPRD Kabupaten Sangihe yang memenuhi syarat dapat mencalonkan pasangan Cabub-Cawabub pada pilkada 2017.

 
Ini dikarenakan perolehan jumlah kursi partai berlambang Banteng Moncong Putih itu telah melampui syarat 20 persen dari 25 jumlah anggota DPRD Sangihe, yakni minimal harus 5 kursi. Hal ini dibenarkan Devisi Data dan Informasi KPUD Sangihe, Tommy Mamuaya dikonfirmasi wartawan belum lama ini.

 
”Sesuai Undang-undang Nomor 8 Tahun 2015, yang berhak mengusung calon pada pilkada memiliki 20 persen jumlah kursi di DPRD, dan di DPRD Sangihe hanya PDIP yang memenuhi syarat karena memiliki 6 kursi,”ungkapnya.

 
Meski hanya PDIP yang memenuhi syarat, kata dia tak tertutup parpol lainnya dapat mengusung calon, dengan catatan parpol bersangkutan harus bergabung dengan parpol lain, seperti halnya Partai Nasional

 
Demokrat (Nasdem) dan Gerindra yang masing-masing mengantongi 4 kursi, mau tak mau harus menambah satu kursi dari parpol lain, semisal Partai Golkar 3 kursi, Hanura 2 Kursi, PKPI 3 Kursi, Demokrat 2 kursi dan PKB 1 kursi. Lalu berapa calon yang bisa terusung jika melihat kondisi perolehan partai di DPRD Sangihe ?, menurut Mamuaya kemungkinan 3 sampai 4 pasangan calon.

 
”Melihat kondisi parpol di DPRD, kemungkinan 3 sampai 4 calon bisa terusung, ini perhitungan teknis bukan hitungan poliktik, sebab kami adalah lembaga independen,”ujarnya yang juga menambahkan, pasangan calon masih berpeluang bertambah dari jalur independen, dengan persyaratan mendapat dukungan 10 persen KTP dari jumlah daftar pemilih tetap Sangihe yang berjumlah 108.422pemilih.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.