Makagansa Libatkan Lanal Sukseskan Nelayan Cerdas

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Drs HR Makagansa ,MsiTahuna,Suarasulutnews.co.id-Pasca pencanangan program Nelayan Cerdas 2016, Bupati Drs. H.R. Makagansa MSi terus melakukan terobosan demi suksesnya program dimaksud. Tak tanggung-tanggung, pihak Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna langsung dilibatkan Makagansa, termasuk meminta masukkan Danlanal Tahuna,  Kolonel Laut (P) Jul Shanyb.

Hal ini tak ditepis Shanyb saat dikomfirmasi wartawan akhir pekan lalu. Dijelaskan, ada beberapa item penting yang didiskusikannya bersama Makagansa, diantaranya terkait kesiapan teknologi dan penyiapan mental nelayan dalam proses pencairan ikan serta untuk menopang kegiatan pengolahan ikan di kawasan perikanan Dagho Kecamatan Tamako.

”Benar,pak Bupati telah mengundang saya terkait kesiapan program nelayan cerdas. Tentunya saya sangat mendukung dan berharap nelayan kita dapat menguasai teknologi hingga mampu lebih mengenal kondisi lautnya sendiri,”kata Shanyb. Terkait Program Nelayan Cerdas,`Makagansa
ditemui terpisah sependapat dengan Danlanal, yakni penguasaan teknologi ditunjang penyediaan fasilitas yang memadai sangat dibutuhkan nelayan.

”Selama ini nelayan lokal masih disebut pencari ikan, karena ketika mereka melaut masih bingung mencari keberadaan ikan dan banyak waktu yang terbuang. Pemkab mengusahakan menjadi nelayan cerdas, supaya ketika melaut nelayan sudah tahu lokasi keberadaan ikan, jaraknya, jenis ikan serta kondisi arus laut,”ungkap Makagansa yang juga menambahakan, pihaknya siap bersinergi dengan pihak terkait lainnya demi pencapaian program Nelayan Cerdas tersebut.(feleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.