Petani Cengkih di Minsel Bakal Merugih Hingga Ratusan Miliard

Buah Cengkih

Buah Cengkih

Amurang-Para petani cengkih di kabupaten Minahasa Selatan(Minsel ),sepertinya tahun 2016 ini akan mengalami gagal panen,karena mengakibatkan musim penghujan terjadi beberapa pekan ini,sehingga membuat buah cengkih di wilayah Minsel akan menurun drastis,sepertinya membuat petani cengkih ini tampaknya harus lebih sabar menunggu cuaca bersahabat.

Kepada media ini para petani cengkih yang ada di wilayah Kabupaten Minsel mengeluhkan adanya musim penghujan.Sebab untuk curah hujan yang semakin tinggi di akhir –akhir ini,membuat tidak adanya proses pengeringan.

“Jika itupun ada pemetikan raya di wilayah Minsel,maka pastinya tidak akan ada cengkih yang menghasilkan keuntungan bagi kami petani cengkeh,”tutur beberapa petani cengkih yang tidak mau namanya di publikasikan.

Saat ini petani cengke sedang memetik cengkih,tetapi karena curah hujan yang sangat tinggi,sehingga untuk proses pengeringan lewat sinar matahari tidak ada,sehingga dipastikan buah cengkih yang sudah dipanen bakal membusuk.

“Ya tentunya jika tidak sinar matahari maka kami akan kehilangan buah cengkeh,Berarti diperkirakan jika semua petani cengkeh di Minsel akan merugih hingga miliaran rupiah,itupun jika buah cengkih tidak menjadi kering,katakan saja sudah menjadi busuk,”ujar mereka.

Oleh sebab itu,petani cengkih ini mengharapkan ada perhatian dari Pemerintah kabupaten dalam hal ini Dinas yang terkait untuk mencari jalan solusi yang terbaik,sehingga apa yang diharapkan oleh petani cengkih ini bisa terwujud .

“Pemerintah dalam hal ini dinas terkait diharapkan cepat merespon kebutuhan petani cengkih (mesin pengering) biar terhindar dari kerugian besar besaran,”kata petani cengkeh ini.

Dikatakan para petanih cengkih ini,sudah beberapak kali mengusulkan kepada pemerintah lewat dinas yang terkait untuk menyediakan alat pengering,sehingga jika datangnya musim penghujan,maka para petani cengkeh ini tidak akan kesulitan lagi untuk mengeringkan buah cengkih.

“Sekali lagi kami bisa kerugian hingga miliaran rupiah jika tidak ada sinar matahari ataupun alat pengering.Kami sudah beberapa kali mengusulkan agar pemerintah dan instansi yang terkait untuk kebutuhan petani adanya mesin pengering di wilayah Minsel. Sudah lama diusulkan oleh petani,tinggal mengingatkan lagi,bahwa mesin pengering sangat membantu petani,”kata petani cengkih asal daerah ini.(jaan)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.