Dinkes Sangihe Waspadai Penyebaran Virus Zika

Kepala Dinas Kesehatan Sangihe, Dr. Handry Pasandaran ME

Kepala Dinas Kesehatan Sangihe, Dr. Handry Pasandaran ME

Tahuna-Penyebaran virus Zika yang terus marak dipemberitaan TV nasional turut diwaspadai Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Sangihe. Hal ini dikatakan Plt. Kadis Kesehatan Sangihe, Dr. Handry Pasandaran dikonfirmasi sejumlah wartawan, Selasa (06/09) kemarin.

Sangat beralasan untuk bersikap waspada, dikarenakan virus yang kerab menyerang bayi dan ibu hamil tersebut masih belum ada obat khusus anti virus yang spesifik. Perlu diwaspadainya dari virus Zika kata mantan Direktur RSUD Liunkndage Tahuna itu, yakni pola penyebarannya yang serupa dengan sifat virus lainnya selalu menyerang melalui saluran pernafasan yang berakibat daya tahan menurun serta menimbulkan berbagai macam gejala.

”Memang kami tetap mewaspadai penyebaran visu Zika, apalagi virus ini belum ada obatnya,”kata Pasandaran.

Sementara langkah antsipatif yang akan dilakukan Dinkes mencegah masuknya Zika ke Sangihe, tak lain dengan melibatkan serta kerjasama dengan instansi terkait, seperti Kantor Unit Pelayanan Pelabuhan Tahuna dan pihak Bandara Naha.

”Jadi untuk antisipasi masuknya Zika, kita akan kerjasama dengan Pelabuhan Tahuna dan Bandara Naha, karena setiap orang yang punya riwayat perjalanan dari daerah endemik, terutama Singapura, wajib melakukan chek pemeriksaan,”ujar Pasandaran  sembari menambahkan, kedepan Dineks dan Puskesmas di Sangihe perlu dilengkapi peralatan canggih, sehingga kasus seperti Zika mudah dideteksi.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.