Konjen Philipina Kembali Kunjungi Sangihe

Konjen Philipina di Manado Oscar Orshin kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Sangihe

Konjen Philipina di Manado Oscar Orshin kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Sangihe

Tahuna-Konjen Philipina di Manado Oscar Orshin kembali melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Sangihe, Senin (14/11). Kunjungan Konjen yang dijemput Sekda Edwin Roring SE,ME, berkaitan dengan kasus hukum 32 nelayan asal Philipina yang tertangkap melakukan ilegal fishing di perairan Sangihe.

Sesampainya di Sangihe kemarin, Konjen langsung mendatangi Kantor Imigrasi serta melakukan tatap muka dengan warga Philipina di Markas Lanal Tahuna. Informasi dari Kabag Humas Elenita Kapal SE,ME, kehadiran Konjen untuk memastikan kelanjutan proses hukum warga Philipina, termasuk berkoordinasi soal tindak lanjut ketika ada warga yang hendak dideportasi seusai berlangsungnya proses hukum nanti.

Saat berada di Lanal kata Kapal, Konjen juga mendapat penjelasan dari pihak Lanal terkait sudah sampai dimana proses hukumnya, termasuk sejumlah nelayan Philipina yang telah diserahkan ke Imigrasi untuk siap dideportasikan.

”Jadi Konjen sudah bertemu langung dengan 32 nelayan Philipina yang saat ini sedang menjalani proses hukum, termasuk sudah mendapat penjelasan ada beberapa warga yang suda siap didepertasikan,”kata Kapal.

Sementara dalam pertemuan dengan pemkab setempat, juga dibahas tentang status kewarganegaraan warga Philipina yang tinggal di Sangihe, sekaligus pemkab melalui Sekda tetap menjamin dan mendukung upaya yang dilakukan Konjen dengan tetap berpedoman pada penegakkan hukum di Indonesia.

Usai mengurus warga Philipina yang ditimpa masalah hukum, Konjen Selasa hari ini dijadwalkan akan meninjau kawasan pelabuhan perikanan dan fasilitas pengolahan ikan di kampung Dagho Kecamatan Tamako.

”Esok (Hari ini) agenda Konjen berkunjung ke kawasan perikanan Dagho,”ujar Kapal.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.