Bulan Panutan pembayaran PBB,Gaghana Harap Masyarakat Taat Bayar Pajak Demi Pembangunan Daerah

Kepala Dinas PPKAD Sangihe, Femmy Montang SE AK MAcc

Kepala Badan PPKAD Sangihe, Femmy Montang SE AK MAcc

Tahuna-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe baru-baru ini menggelar pencanangan bulan panutan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) pedesaan dan perkotaan Tahun 2017.

Kepala Badan Keuangan Kabupaten Sangihe, Femmy Montang kepada sejumlah wartawan mengatakan, pentingnya bulan panut PBB  dilaksanakan untuk memotivasi masyarakat dan memberi kesadaran akan fungsi pajak dalam kabupaten sangihe.

Dalam acara itu juga digelar diskusi bersama Bupati dan Wakil Bupati serta unsur Forkopimda, sekaligus dilakukan sosialisasi pengunaan dana desa.

“Perlu diketahui saat ini PBB yang dihasilkan Sangihe sekitar Rp 1.695.948.866.-,ada beberapa kelurahan/kampung yang telah melunasinya dan ada juga yang masih belum melunasi,”kata Montang.

Dikatakannya,untuk saat ini Dana Desa Tahun 2017 telah masuk ke rekening daerah dan siap di salurkan ketika seluruh Surat Pertanggungjawaban dari setiap kampung telah di serahkan.

“Belum disalurkannya dandes 2017,karena saat ini masih dilakukan evaluasi dan perbaikan SPJ oleh sejumlah kapitalaung,”kata montang.

Sementara Bupati Jabes Ezar Gaghana SE,ME dalam sambutannya, berharap masyarakat  taa membyar pajak demi kemajuan pembangunan daerah. Buati juga mengatakan, jika seluruh masyarakat berkomitmen untuk melangkah maju dan mengeskseskan setiap program yang sangat strategis seperti PBB ini, maka pembangunan daerah juga akan semakin lancar.

“Dulunya PBB ini disetorkan ke negara, namun sekarang dialihkan ke daerah. Memang dalam penetapan APBD jumlah PBB diwajibkan mendapat 1,6 milyar,tetapi saat ini melampaui 1,9 milyar. Ini suatu bentuk kesadaran masyarakat yang taat pajak, walaupun masih ada yang belum sadar akan pentingnya penyetoran PBB ini. Harapan kami pelunasan PBB ini sebaiknya dilakukan sebelum jatuh tempo yang ditetapkan dan bagi petugas setiap kelurahan dan kampung wajib mensosialisasikanya ke setiap masyarakat,”harapnya.

Ditambahkannya, perlu di apresiasi kepada kelurahan Kolongan Beha Baru yang setiap tahunnya mampu melunasi pajak sebelum waktu yang ditentukan habis.

“Bagi seluruh kelurahan dan kampung yang ada di sangihe,prestasi seperti ini harus menjadi contoh,”ujar Gaghana.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.