Kapal Moderen Siap Layani Warga Pulau Bukide

ketua LSM Kadadema yang juga personil Dewan Pendidikan Kabupaten Sangihe, Marslem Pulumbara

ketua LSM Kadadema yang juga personil Dewan Pendidikan Kabupaten Sangihe, Marslem Pulumbara

Sangihe-Tahun 2018 Pemkab Sangihe melalui Dinas Perhubungan kembali mendapat jatah bantuan kapal dari Pemerintah Pusat. Kapal yang dipastikan akan

beroperasi sekitar minggu kedua bulan November 2018 nantinya akan dikeloa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kampung Bukide Kecamatan Nusa Tabukan. Hal ini dikatakan Kadis Perhubungan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Frans Puraow kepada sejumlah wartawan, Rabu (31/10) kemarin.”Dalam waktu dekat ada 1 kapal lagi yang akan turun dari pusat dan akan dikelola BMUDes Bukide,”ungkap Puraow.

Meski dari sisi bodi kapal tergolong kecil karena hanya memiliki 24 tempat duduk, namun Poraow memastikan kapal tersebut tergolong kapal moderen yang dilengakapi dengan mesin ganda berkekuatan 400 PK.

”Kapal ini termasuk kapal moderen dan diadakan atas usulan desa, dan meski berukuran kecil, kapal ini nantinya sangat membantu kependingan masyarakat yang berdomisili  di kepualauan,”ujarnya yang juga menambahkan,penganggaran kapal tersebut bersumbe dari DAK berbandrol Rp 3,2 miliyar.

Sementara terkait dengan cukup banyaknya bantuan kapal yang selang beberapa tahun ini mengucur ke Sangihe, ketua LSM Kadadema,Marslem Pulumbara meminta pihak Dinas Perhubungan turut melakukan pengawasan, dengan harapan kehadiran kapal dimaksud tidak mubazir, khususnya dari pemeliharannya harus terus terjamin sehingga tidak mengakibatkan fungsi kapal menjadi mandek.

”Jujur saja sejak dulu ada kapal bantuan di Sangihe yang tidak terurus sehingga menjadi rusak begitu saja, dan kami berharap untuk bantuan saat ini dapat diawasi sehingga bantun tidak mubazir karena pemeliharaan kapal tidak terurus,”tegas Pulumbara.(elleh)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.