Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Butuh Dukungan Masyarakat Sangihe

Sangihe – Mencegah masuknya virus Corona di Kabupaten Kepulauan Sangihe, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Sangihe membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona, bertempat di Papanuhung, rumah jabatan Bupati, Rabu (18/03/2020).

“Sudah terbentuk dengan beberapa stakeholder yang berkepentingan dalam penanganan virus Corona. Jadi kita sekarang berupaya untuk melakukan pencegahan penanganan virus corona sehingga tidak masuk ataupun berkembang lebih jauh di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” ujar Kepala BPBD Sangihe Rivo Pudihang yang juga selaku Ketua Gugus Tugas.

Dikatakannya, ada satu gugus yang dibentuk dengan beberapa elemen didalamnya dengan melibatkan TNI-Polri, pihak pelabuhan, bandara semuanya dipastikan all out melakukan penanganan.

“Penanganannya dilaksanakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing OPD atau lembaga, nantinya pemerintah terutama menyangkut anggaran harus memback up semua kebutuhan dan terutama personil karena dibutuhkan personil yang siap, paham dan mau memberi, karena hal ini sangat beresiko bagi kesehatan,” jelas Pudihang.

Lanjut dia, terkait dengan penangkalan penyebaran Covid-19 ini, bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah namun peran masyarakat sangat diperlukan.

“Kami minta juga peran serta dari masyarakat, minimal dengan memberikan informasi jika ada gejala-gejala mengarah ke virus corona bisa menyampaikan langsung ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat sehingga perlu adanya dilakukan penanganan,” ujar dia. (Andika)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.