Pemkot Tomohon Serahkan Santunan Duka  kepada Ahli Waris Pasien Meninggal Covid-19

TOMOHON – Perhatian dan kepedulian Pemerintah Kota Tomohon terhadap keluarga pasien korban covid-19 dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu yang dilakukan Pemkot dengan memberikan santunan duka kepada keluarga pasien yang meninggal dan dimakamkan sesuai protokol covid-19, bertempat di Anugerah Hall, Rabu (17/6/20).

Pemberian santunan duka diserahkan langsung oleh Walikota oleh Walikota Jimmy F Eman SE, AK, CA. Setelah menyerahkan 24 santunan dalam bentuk tabungan dan di tarima  para ahli waris,

Walikota mengatakan pemerintah Kota Tomohon berencana membuat laboratorium di Kota Tomohon, hal ini dilakukan agar sample lebih cepat diidentifikasi untuk mempercepat penanganan pasien.

” Saat ini kita sedang menunggu rekomendasi dari Dinas Kesehatan Provinsi, dan peelu diketahui Pemkot Tomohon juga memiliki alat namanya Mikroskop Elekton,.dimana Mikroskop Elekton adalah sebuah mikroskop yang mampu untuk melakukan pembesaran objek 2 juta kali”. Ucap Eman.

Ditambahkan pula, dalam pemberian santunan duka ini didasari Peraturan Walikota Tomohon no.3 tahun 2019 tentang pedoman pemberian santunan duka bagi masyarakat Kota Tomohon yang bertujuan untuk membantu meringankan beban keluarga yang ditimpa duka cita atau anggota keluarganya meninggal dunia, dimana santunan duka ini untuk membantu biaya pemakaman atau kremasi.

Seperti diketahui, pemberian santunan duka dalam status pasien dalam pengawasan (PDP) atau pasien terkonfirmasi positif  covid-19, dilaksanakan sesuai SK Walikota no. 177 tahun 2020 tentang pemberian santunan duka kepada masyarakat yang terdampak covid-19.

Adapun pemberian santunan diberikan kepada ahli waris yaitu suami/istri/anak atau kakak beradik dan orang tua dari penduduk Kota Tomohon yang meninggalvdan tercatat dalam database kependudukan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang di buktikan dengan surat keterangan dari Lurah setempat serta kelengkapan persyaratan lainnya untuk penerima santunan duka ini.

Dan penyerahan santunan ini dengan jumlah yang telah ditetapkan pada tahun 2020,  yang merupakan komitmen penuh dari Pemkot Tomohon untuk melayani dan membantu setiap komponen masyarakat Kota Tomohon.Tutur Walikota

Walikota berharap agar seluruh komponen masyarakat Tomohon selalu disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan, dan Kiranya santunan yang diberikan ini bermanfaat dan dapat membantu meringankan beban keluarga ahli waris, tutup Eman.

Turut hadir dalam penyerahan ini Ketua DPRD Djemmy Sundah, SE, mewakili Kolres Tomohon Iptu Kreysen, mewakili Kajari Tomohon Yosi Rompis SH, mewakili PN Tondano Deivid Losu SH, mewakili Dandim 1302 Minahasa Inf. Dony Lumintang, Pimpinan Bank Sulut Go Tomohon Romel Paat, BAMAG dan presidium BKSUA dan Sekretaris Daerah Kota Tomohon (Novita Pangkey)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.