3 Hari TPA Sumompo Terbakar Tim VaSung Bergerak Memberi Bantuan Masker Kepada Warga Terdampak

Manado – Kebakaran terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo Sulawesi Utara, terjadi pada Minggu (01/10/2023) dan telah berlangsung selama 3 hari.

Tim Pemadam Kebakaran secara terus menerus telah mengerahkan 9 unit Damkar, telah mengurangi meluasnya kebakaran sampai di pemukiman masyarakat tetapi asap sudah membumbung tinggi sehingga tetap berdampak ke warga sekitar.

Vanda Sarundajang selaku anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan yang memantau lewat media sosial melihat ini satu hal penting menyangkut kesehatan masyarakat pekerja maupun yang bermukim di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo, Kecamatan Tuminting, Kota Manado.

Vanda Sarundajang atau akrab di sapa VaSung segera menerjunkan Tim VaSung untuk membagikan ribuan masker kepada pekerja TPA dan masyarakat sekitar bersama dengan Gerakan Pramuka Peduli Kwarda Sulut.

Koordinator Tim VaSung Sulawesi Utara Torry Kojongian di dampingi Koordinator Tim VaSung Kota Manado Meppy Manuhutu Selasa (03/10/2023) yang turun langsung ke lokasi kepada media menyampaikan

” Sebagai empati terhadap masyarakat terdampak, Ibu VaSung merasa wajib turun untuk beri bantuan karena musibah kebakaran pasti tidak diinginkan apalagi TPA memperkerjakan banyak masyarakat, dan sangat penting adalah dampak asap bagi kesehatan manusia.” Ujarnya.

Menurutnya informasi dari Pak Walikota Manado Andrei Angouw bertemu di lokasi kebakaran dipicu panas ekstrim serta akibat tingginya gas metan yang berada di bawah tumpukan sampah karena sewaktu-waktu bisa terbakar karena kandungan asam gas yang berada di dalam tumpukan.

“Jadi kapanpun dia bisa terbakar seperti ini,” ujar Walikota Manado AA
di dampingi Franky Porawouw Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado.

(Farly Bujung)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.