Wakili Gubernur Sulut. Alex Watimena Hadiri Penyerahan Sertifikat Tanah Elektronik Di Tondano.

Minahasa – Bertempat di Benteng Moraya Tondano, Ir. Alex Watimena,M.Si menghadiri acara penyerahan 200 sertifikat tanah dan peluncuran sertifikat tanah elektronik secara simbolis oleh KaKanwil ATR/BPN Provinsi Sulut Jaconias Walalayo.SH.MH, Senin (04)12-2923).

Kegiatan tersebut di hadiri juga oleh Penjabat Bupati Minahasa, Dr.Jemmy Kumendong.M.Si, Watimena dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kepemilikan sertifikat sangat berguna bagi kepastian hukum.

Untuk itu iapun menyampaikan pesannya di tengah kegiatan itu, agar masyarakat yang belum sempat membuat sertifikat tanah dan bangunan agar dapat menghubungi pihak instansi BPN, nanti di sana akan ada panduan mekanisme. Atau dapat juga mengikuti program program pembuatan sertifikat yang bekerjasama dengan pemerintah desa atau kelurahan.

Dengan demikian status kepemilikan tanah dapat terus dilaksanakan dan manfaatnya bisa dirasakan langsung warga Sulut pada umumnya dan Minahasa khususnya,” Ujar Watimena.

Sementara itu Jaconias Walalayo SH MH, Kepala Kanwil ATR/ BPN Provinsi Sulut, dalam sambutannya mengatakan saat ini diikuti acara nasional penyerahan sertifikat seluruh Indonesia 2,05 juta kepada rakyat Indonesia oleh Presiden RI, Joko Widodo.

“Ini sebagai bukti pro aktif pemerintah dalam kepastian hukum kepemilikan di tengah masyarakat, termasuk bagi masyarakat Sulut,” ujar Jaconias seraya mengatakan juga diselenggarakan launching pendaftaran sertifikat elektronik. Jadi bisa dilakukan pengecekan sertifikat secara elektronik. Jelas Kakanwil.

Dijelaskannya juga bahwa sebanyak 50.224 bidang tanah tersebar di 14 kabupaten/kota Sulut yang telah di tangani. Kesuksesan ini adalah bagian kerjasama dari segenap stakeholder, baik pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan lainnya.

“Untuk itu kami berterima kasih atas partisipasi dan keterlibatan di seluruh kantor Pertanahan se-Sulut. Terutama pemilik lahan,” tutur Kakanwil Jaconias.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, perwakilan Kapolda, Kejaksaan dan DPRD, Handry DR Rory S SIT MSi, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Minahasa beserta Kepala Kantor BPN kabupaten/kota beserta penerima sertipikat.

(Farly Bujung )

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.