Prestasi WTP Harus Dipertahankan Pemkab Sangihe

Tahuna-Opini wajar tanpa pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan keuangan Pemkab Sangihe Tahun 2014 jangan hanya dibanggakan, tapi harus dipertahankan.

Seruan ini tertuang dalam catatan Fraksi PDIP lewat catatan pasca kesepakatan Ranperda APBD 2014 menjadi perda baru-baru ini.  Fraksi PDIP juga menghimbau Pemkab Sangihe tak terlena dengan prestasi WTP, tapi menjadikan hal itu sebagai motivasi untuk tetap mempertahankan bahkan meningkatkannya.

Bupati Drs. H.R. Makagansa MSi sendiri merespon positif catatan Fraksi PDIP tersebut, dimana catatan dimaksud akan dijadikan pijakkan serta motivasi bagi setiap pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam merealisasikan program maupun kegiatan, khususnya yang terkait dengan pengelolaan keuangan  yang baik.

”Catatan ini pasti akan dijadikan motivasi bagi pimpinan SKPD dalam merealisasikan pengelolaan keuangan yang lebih baik,”kata Bupati.

Sementara itu Kepala Inspektorat Sangihe, Imanuel Makahanap SH,MH ditemui terpisah mengatakan, meski telah meraih WTP, tetap masih ada catatan BPK yang harus ditindak lanjuti, dan bentuk tindak lanjut yang segera dilakukan, dengan melakukan teguran dan instruksi kepada pelaksana kegiatan PPTK, bendaharawan serta pihak ketiga.

”Menyangkut atatan administratif itu sudah hampir tuntas, teguran dan instruksi kepada pelaksana kegiatan, PPTK, bendahara pihak ketiga dan pengguna anggaran juga sudah dilakukan,”jelas Makahanap yang juga menambahkan, upaya cepat dari Pemkab Sangihe ini guna mengefisienkan waktu sesuai dengan aturan yang berlaku yakni 60 hari pasca penyerahan LHP.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.