DPRD dan Pemkot Janji Akomodir Bantuan Anak Putus Sekolah

TPPK Temui Tiga Pimpinan  DPRD Bitung

Bitung,Suarasulutnews.co.id– Pimpinan DPRD Bitung bertindak cepat dalam merespon persoalan anak putus sekolah yang disuarakan oleh Tim Pengembangan Pendidikan Kecamatan (TPPK) dari delapan kecamatan di Kota Bitung yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pendidikan (FKP) Kota Bitung.

Hal ini dibuktikan dengan terimanya para pengurus TPPK perwakilan delapan kecamatan oleh Ketua DPRD Bitung, Laurensius Supit, Wakil Ketua Hengky Honandar SE dan Wakil Ketua Ir Maurits Mantiri, Senin (6/7) sekitar pukul 10.00 Wita di ruang rapat Pimpinan DPRD Bitung.

Pada kesempatan itu TPPK menyampaikan data 380 anak putus sekolah yang telah didata oleh TPPK bersama Dinas Pendidikan Kebudayaan (Dikbud)pada Desember 2014 lalu.

“Kami berharap agar DPRD dan Pemkot dapat mengalokasikan anggaran untuk bantuan anak putus sekolah pada APBD Perubahan tahun 2015, sebagaimana yang diamanatkan  oleh Perwako Nomor 4 Tahun 2013 tentang program penanggulangan anak usia sekolah putus sekolah,” kata Ketua Forum Komunikasi Pendidikan Kota Bitung, Wilson Wonte diiyakan para pengurus TPPK dari delapan Kecamatan.

Lebih jauh TPPK berharap agar, DPRD dapat menerima usulan dari Dinas Dikbud  agar program bantuan bagi 380 anak putus sekolah tersebut dialokasikan pada APBD Perubahan 2015. “Usulan resminya sudah masuk melalui Dinas Dikbud, dan kami berharap 380 anak putus sekolah yang sudah didata ini, dapat terakomodir untuk bias sekolah kembali pada tahun ajaran baru 2015-2016,” ujar Wakil Ketua TPPK Kecamatan Girian, Hartje Sahai SH dan Wakil Ketua TPPK Lembeh Selatan Arman Pusung.

Ketua DPRD Bitung Laurensius Supit merespon baik aspirasi dan permohonan TPPK sambil meminta agar hal ini terus dikawal oleh TPPK dan masyarakat pedulim pendidikan.

“Prinsipnya DPRD akan mengupayakan agar diakomodir dalam APBD-P, dan TPPK dan masyarakat ikut memngawalnya,” kata Supit.

Mantiri dan Honandar juga mengatakan, seluruh administrasi terkait data anak purtus sekolah agar disiapkan dan dimasukan ke TAPD melalui Dinas Dikbud. “Secepatnya ini dimasukan dan kami DPRD akan meminta ke Pemkot dalam pembahasan APBD Perubahan agar dialokasikan,” kata Honandar dan Mantiri.

Pernyataan Ketiga Pimpinan DPRD ini mendapat apresiasi dan respon gembirra para perwakilan TPPK yakni Barteje Ticoalu TPPK Matuari, Finiel Rahajaan dan Hartje Sagai TPPK Girian, Jerol Sahabang, Arman Pusung dan Naomi Mundung TPPK Lembeh Selatan, Marfel Tambanaung TPPK Madidir yang juga Sekretaris FKP serta Sammy Songgigilan Sekretaris TPPK Girian yang juga Wasek FKP Bitung.

Terpisah, Sekretaris Kota Bitung Drs Edison Humiang,MSi ditemui usai Rapat Paripurna di DPRD Bitung siang kemarin mengatakan, pihaknya akan mengupayakan hal itu. “Nanti akan dilihat akan digeser pada pos-pos mana saja pada APBD perubahan,” pungkasnya. (diane)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.