Bupati Depri Buka Rakor Pengurus UPZ Bolmut

Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Ir. SUTRISNO GOMA, MP membuka acara Rapat Koordinasi (RAKOR) Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang bertempat di Hotel Boroko.

Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Ir. SUTRISNO GOMA, MP membuka acara Rapat Koordinasi (RAKOR) Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang bertempat di Hotel Boroko.

BOROKO,Suarasulutnews.co.id – Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Ir. SUTRISNO GOMA, MP membuka acara Rapat Koordinasi (RAKOR) Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang bertempat di Hotel Boroko.

Acara yang dilaksanakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bolaang Mongodow Utara ini bertujuan untuk megoptimalkan kerjasama Baznas dengan SKPD dalam mengupayakan kegiatan perencanaan, pengumpulan, penyaluran dan pemberdayaan Zakat.

Dalam sambutannya, Unsur Pimpinan Baznas Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ABDUL GANI TUNA mengatakan di Lingkungan SKPD memiliki potensi zakat sangat besar yang dapat dikelola oleh Baznas, kurang lebih 1 milyar Rupiah yang dapat dikumpulkan pertahun sebagaimana jumlah Pegawai Negeri Sipil yang ada di Bolaang Mongondow Utara. Optimalisasi kinerja UPZ di lingkungan SKPD sangat dibutuhkan agar ke depan dengan jumlah Zakat yang terkumpul dapat disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan dalam bentuk modal usaha yang berkelanjutan sehingga bisa menurunkan angka kemiskinan di Bolaang Mongondow Utara.

Sambutan Bupati yang dibacakan oleh Asisten Sekda menyampaikan apresiasi dan dukungan atas pelaksanaan kegiatan ini dan berharap hal-hal yang menjadi kesepakatan nantinya dapat diimplementasikan. Lebih lanjut Bupati mengatakan zakat merupakan instrument pemerataan pendapatan yang dapat bermanfaat dalam mencapai kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, zakat harus dikelola dengan baik dan sesuai syariat Islam.

Dalam pelaksanaannya, Pemerintah mendukung pengumpulan zakat pada instansi pemerintah di daerah melalui Baznas sesuai dengan instruksi Presiden No. 3 Tahun 2014 dimana disebutkan bahwa zakat penghasilan merupakan salah satu zakat bagi Pegawai Negeri Sipil Muslim yang penghasilannya telah mencapai Nishab akan dipotong zakat penghasilan sebanyak 2,5%. Dengan demikian, diperlukan adanya upaya untuk menyatukan persepsi dan sinergitas program melalui rapat koordinasi atau sosialisasi sebagai bagian dari konsolidasi program/kegiatan dari Baznas.

Untuk mencapai maksud tersebut, Bupati menghimbau kepada peserta Rakor dapat melakukan kerjasama yang baik, saling mendukung, dengan tetap terkoordinasi dan bertanggung jawab. Dengan demikian, Bupati menilai Rakor ini sangat positif dan tepat agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam melaksanakan tugas di lapangan, yang pada gilirannya akan tercipta keterpaduan serta singkronisasi program baik dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan serta evaluasi dan pelaporan Baznas Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Acara pembukaan dihadiri oleh Sekretaris Baznas Kabupaten Bolaang Mongondow Utara RAHMAT GUHUNG, S.Ag, Unsur Pimpinan Baznas Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Peserta Rakor Calon UPZ di Lingkungan SKPD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.(andi)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.