Gubernur Minta Pencairan Dandes Sangihe Dituntaskan

Gubernur Olly Dondokambey SE saat melakukan evaluasi Dandes bersama para Kapitalaung (Kepala kampung),Lurah dan Camat di Sangihe

Gubernur Olly Dondokambey SE saat melakukan evaluasi Dandes bersama para Kapitalaung (Kepala kampung),Lurah dan Camat di Sangihe

Tahuna-Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE meminta pencairan anggaran dana desa (Dandes) tahap II di Kabupaten Kepulauan Sangihe tuntas 100 persen. Hal ini ditegaskan Gubernur saat melakukan evaluasi Dandes bersama para Kapitalaung (Kepala kampung),. Lurah dan Camat di Sangihe belum lama ini. Gubernur meminta kepada para Kapitalaung rajin berkonsultasi dengan Camat maupun instansi teknis jika menemui kendala dalam proses pencairan Dandes.

”Karena ini sudah pada bulan terakhir tahun 2016, saya minta pencairan Dandes tahap dua dapat dituntaskan, dan jika ada kendala dilapangan, Kapitalaung segera berkonsultasi atau berkoodinasi dengan instansi teknis, termasuk dengan Camat,”tegas Gubernur.

Sementara itu Kabag Pemerintahan Desa, Vik Sahempa ditemui terpisah menjelaskan, memasuki bulan Desember, sekitar 80-an kampung yang mencairkan  Dana Desa (Dandes) tahap kedua, dari total 145 kampung di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Namun mantan Camat Tamako ini sangat optimis pencairan Dandes untuk tahap dua, semua seluruh kampung yang tersebar di 15 Kecamatan di Kabupaten Sangihe sudah dapat mencairkannya sebelum berakhirnya tahun anggaran 2016.

“Saya optimis sebelum akhir tahun 2016 semua desa akan mencairkan ADD tahap dua. Sejauh ini Bagian Pemdes juga telah memberikan  pendampingan kepada pemerintah kampung cara membuat pertanggung jawaban Dandes. Ini dilakukan supaya pemerintah Kampung tidak kesulitan mengurus proses pencarairannya,”ujar Sahempa yang juga menambahkan, untuk Dandes tahap satu sudah cair 100 persen dari pagu anggaran yang mencapai Rp 121.256.083.000.(eleh)

 

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.