KPUD Sangihe Jadwalkan Debat Publik Sesien II

Ketua Devisi Hukum KPUD Sangihe, Jack Seba

Ketua Devisi Hukum KPUD Sangihe, Jack Seba

Tahuna-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sangihe,menjadwalkan debat publik season kedua yang akan direncanakan, Sabtu (28/01) akhir pekan. Hal ini diungkapkan divisi hukum KPUD Sangihe Jeck Seba, Rabu (25/01) kemarin.

Dijelaskan, sesuai dengan tahapan yang ditetapkan KPU, debat publik akan dilaksanakan sebanyak tiga kali.

“Dan sesien kedua akan membahas masalah ekonomi dan keuangan,pendidikan, pemberdayaan perempuan dan anak. Tiga pokok materi tersebut yang nantinya akan dibahas dan dikupas oleh para kandidat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati,”ungkapnya.

Lanjut dikatakan,seperti debat pertama KPUD juga sudah menyiapkan pakar untuk masing-masing materi, dan nantinya ketiga pakar itu akan merumuskan pertanyaan yang akan di berikan pada saat debat nanti.

“Tiga pakar penyusun pertanyaan masing-masing bidang, dan dijamin kerahasiaan pertanyaan. Sebab dari para pakar ini sudah ada pernyataan diatas materai dimana mereka tidak akan melakukan hubungan dengan kandidat demi menjaga objektifitasnya pertanyaan yang nantinya akan
diberikan,”kata Seba.

Sementara untuk moderator, menurut Seba nanti akan diminta persetujuan dari para pakar siapa yang akan ditunjuk nanti.

“Jika tidak ada yang ditunjuk oleh para pakar maka kami dari KPU akan menyiapkan moderator,”ujarnya.

Sementara itu ketua tim pemenang Pasangan Drs Hironimus Rompas Makagansa MSi – Dr Fransiscus Andy Silangen SpB, KBD (MaSi), Drs OK Makagansa MSc dimintai tanggapannya,  mengakui debat kedua kali ini tak jauh berbeda dengan yang pertama, dirinya meyakini pasangan MaSi akan kembali menguasai materi dan jalanya debat.

“Berdasarkan latar belakang disiplin ilmu,pengalaman di bidang birokrasi serta berdasarkan kwalitas SDM,pasangan MaSi tidak perlu di ragukan lagi dan dipastikan akan menguasai materi debat nanti,” tukas Makagansa.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.