Tingkatkan Wawasan Kebangsaan Pemkab Sangihe Siap Tangkal Radikalisme

Sangihe-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Rabu (09/05) melaksanakan  sosialisasi peningkatan kerjasama dengan aparat kemanan dalam teknik pencegahan kejahatan. Acara tersebut mengangkat tema Peningkatan wawasan kebangsaan dan karakter bangsa serta pencegahan masuknya paham radikalisme dan terorisme di Kabupaten Kepulauan Sangihe.  Bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pemkab Sangihe juga menyatakan komitmen siap tangkal radikalisme di wilayah kepulauan.

Bupati Jabes E Gaghana SE ME keteka menyampaikan sambutan diacara pembukaan mengatakan, sosialisasi kegiatan terkait dengan agenda kemasyarakatan terlebih dalam pembentukan karakter bangsa, masyarakat, pribadi, menjadikan sebuah program yang mempunyai nilai bobot kehidupan terhadap bersama dan boleh terbangun dengan baik.

“Kehidupan sosial kemasyarakatan, keagamaan di tengah-tangah masyarakat itu sendiri kita bisa bersyukur di Sangihe boleh berjalan dengan baik dan terlaksana dalam kehidupan persaudaraan yang rukun dan damai. Ini merupakan kesadaran masyarakat sangihe yang tumbuh bersama dalam tatanan,” ungkap Gaghana.

Ditegaskan,  yang perlu diwaspadai adalah paham-paham yang mencoba memporak-porakan kehidupan bermasyarakat sebagai bangsa dan bernegara, termasuk kekita harus mengetahui kondisi ditengah-tengah bangsa dan berbagai wilayah tentang permasalahan bersama dalam kerangka untuk mencoba merongrong kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk itu Bupati berharap di Sangihe ini tidak terjadi seperti di daerah lain adanya paham-paham yang merusak kehidupan bangsa.

“Saya berharap tidak terjadi paham yang merusak kehidupan bangsa, sehingga kita masih boleh duduk bersama, tinggal bersama dalam kapasitas masing-masing. Dikarenakan di Sangihe telah menjalin sebuah tatanan kehidupan yang sangat rukun dan damai, dan ini juga telah dipelihara serta ditingkatkan sehingga mampu menjaga ketentraman dan menghalau ajaran sesat,”kata Gaghana.

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol Danny Mandak ME saat menyampaika laporan panitia turut menegaskan  Badan Kesbangpol mempunyai tugas pokok melaksanayan penyusunan dan kebijakan dasar dibidang kesatuan bangsa dan politik dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap paham radikal agar tidak tumbuh dan berkembang di Sangihe

“Antisipasi paham radikalisme agar tidak tumbuh dan berkembang di Sangihe, dilakukan cara mengadakan penyuluhan, sosialisasi, mengenai peningkatan wawasan kebangsaan dan karakter bangsa serta mencegah masuknya terosrisme di 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe,”ujar Mandak.

Hadir diacara tersebut Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Setiyo Widodo, Kejari Tahuna Muhamad Irwan Datuinding SH,MH, Ketua DPRD Sangihe Benhur Takasiaheng,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, LSM dan undangan lainnya.(elleh)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.