Pemkab Sangihe Siapkan Rp 35 Milliar Untuk Penanganan COVID-19

Sangihe – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menyiapkan anggaran untuk mendukung penanganan pencegahan penyebaran wabah Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Sangihe. Hal ini disampaikan Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana selaku Ketua Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 saat bertatap muka dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey melalui Video Conference, Selasa (31/03/2020) di Dinas Kominfo Daerah Sangihe.

Dikemukakan Bupati, anggaran sebesar Rp 35 Milliar dengan Rp 15 Milliar diperuntukan peningkatan sarana di dua rumah sakit yang disiapkan untuk menangani jika ada pasien terinfeksi Virus Corona. Dana ini menurut dia, sumbernya dari perjalanan dinas, kemudian pos untuk dana hibah dan dana-dana lainnya.

“Terkait dengan pergeseran anggaran di Kabupaten Sangihe disiapkan Rp 35 Milliar untuk penanganan Covid-19 ini, diantaranya 9 Miliiar untuk memenuhi sarana di Rumah Sakit Liung Kendage sebagai rumah sakit pemeriksaan awal bagi pasien. Sedangkan Rp 6 Milliar untuk Rumah sakit Liung Paduli di Naha untuk penanganan terhadap pasien apabila positif, dan Rp 20 Milliar dijadikan dana cadangan,” tandas Gaghana.

Pada kesempatan itu Gaghana juga menyampaikan permasalahan-permasalahan di Kabupaten Sangihe dalam kesiapan penanganan, seperti minimnya tenaga medis dan dokter spesialis paru-paru.

“Kemudian juga terkait Alat Pelindung Diri (APD) kami sangat terbatas. Meski begitu, kami sangat berterima kasih kepada Gubernur yang sudah memberikan bantuan berupa APD untuk dijadikan kesiapan tenaga medis. Namun menjadi catatan juga, yang kami terima ada 105 set APD tapi hanya 5 set APD yang lengkap, 100 set APD lainnya tidak lengkap,” sebut dia.

Selain itu, disampaikannya, upaya pencegahan Virus Corona terus digenjot, dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara massal di seluruh wilayah di Kabupaten Sangihe. Langkah antisipasi lainnya dengan menerapkan Work From Home bagi Aparatur Sipil Negara sesuai dengan instruksi Kemenpan RI.

“Kegiatan lainnya kami tetap memantau dan melaksanakan pengawasan di pelabuhan dan bandara Naha, kemudian terkait dengan sosialisasi kepada masyarakat sampai saat ini berjalan dengan baik,” pungkas dia. (Andika)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.