Pemkab Mitra Bakal Turun Langsung Lakukan Sidak Terkait Aktivitas PETI di Hutan Alason

Mitra – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) akan memberhentikan aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) yang memakai alat berat (Eskavator) di hutan alason ratatotok milik Tommi Pantow dan Berri Bertrandus, pasalnya, mereka telah melakukan perusakan hutan hingga saat ini, mengancam masyarakat ratatotok jika terjadi hujan yang sangat tinggi.

Akan hal ini, Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, SH.MH melalui Sekretaris Daerah David Lalandos, AP.MM, saat di konformasi, menegaskan, akan memberhentikan aktivitas pertambangan emas ilegal milik Tommi Pantow dan Berri Bertrandus yang beroprasi di hutan alason ratatotok.

“Kami (Pemkab Mitra) akan turun langsung melakukan sidak terkait aktivitas PETI di hutan alason,”tegas Sekda pada sejumlah wartawan di ruang kerjanya Senin (24/7/2023).

Lulusan terbaik IPDN angkatan Lima ini, mengatakan, bahwa, namanya pertambangan emas ilegal tidak memiliki ijin tidak bisa beroprasi karena itu melanggar undang-undang yang ada.

“Jadi catat semua PETI yang beroprasi di wilayah hutan ratatotok Pemkab Mitra akan hentikan siapapun dia.

Apalagi PETI hanya mengambil isi bumi tapi tidak membayar pajak negara, berapa miliar saja kerugian uang negara,”kata Lalandos.

Sementara itu, toko masyarakat Ratatotok Kasim Malolonto, memberikan apresiasi kepada Pemkab Mitra yang sudah menjabwab keluhan masyarakat. Menurutnya ini harus cepat di hentikan karena hutan di alason ratatotok sudah gundul karena mereka memakai alat berat.

“Saya berikan apresiasi kepada Pemkab Mitra karena sudah menjawab aspirasi masyarakat, ini memang harus secepatnya dihentikan karena sudah merusak lingkungan serta pengelolahannya diduga memakai Sianida yang membayakan masyarakat bukan hanya di ratatotok bahkan masyarakat Buyat Boltim,” harap Malolonto baru-baru ini dihadapan sejumblah Media.

(Tim)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.