Sejumblah Rangkaian Kegiatan Yang Dilaksanakan Serta Prestasi di Raih Pemdes Kali

Mitra – Pemerinta Desa (Pemdes) Kali Kecamatan Tombatu, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), yang dipimpin Hukum Tua Christianov J. Mokat berhasil meraih gelar juara satu dalam lomba Evaluasi Perkembangan Desa tahun 2023. Kesempatan itu juga Camat Tombatu Franky Batubuaya lakukan penyerahan tanda bahwa Desa Kali merupakan Desa yang berhasil dalam lomba Evaluasi Perkembangan Desa Kecamatan Tombatu tahun 2023.

Evaluasi perkembangan desa bertujuan untuk mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan desa kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat serta daya saing desa melalui pembangunan Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka NKRI. Seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 (Permendagri No. 81/2015).

Kuntua Christianov J. Mokat melaksaanakan pengerjaan pemasangan lampu hias dengan anggaran bersumber dari Dana Desa (Dandes) tahap satu tahun 2023, yang akan dipasang pada 75 titik yang telah dipersiapkan dengan total anggaran 187.500 000 rupiah.

Hukum Tua Hukum Tua Kali Christianov J. Mokat, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait penguatan tata kelola pemerintahan Desa yang dilaksanakan sejak 21- 24 Juni yang dilaksanakan di Jayakarta Hotel, yang disponsori oleh Dinas Pemerintah Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Mitra dan dihadiri oleh seluruh Hukum Tua yang ada di kabupaten Mitra.

Menurut Kumtua, kegiatan Bimtek yang dilaksanakan selama empat hari tersebut membawa pembekalan yang sangat baik bagi para Hukum Tua dalam tata kelola pemerintah desa yang baik. Dari Bimtek tersebut kita boleh mengambil intisari yang baik tentang bagaimana cara mengelola sistim Pemerintah Desa yang baik,

Dikatakanpula Kumtua Christianov, bahwa dalam mengikuti Bimbingan teknis tersebut, saya banyak mendapat inspirasi tentang bagimana membangun suatu desa yang lebih baik, ujar Kuntua Mokat.

(J.S/Adv)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.