Peduli Budaya dan Adat James Sumendap Ajak Lestarikan Warisan Leluhur Nenek Moyang Kita

Mitra – Calon anggota DPR RI daerah pemilihan Sulut dari PDI perjuangan nomor urut 3 James Sumendap merupakan salah satu  tokoh adat, yang juga memiliki kepedulian atas kelestarian adat dan budaya local.

Menurut Sumendap, Arus modernisasi dan digital juga ikut serta membawa masuk budaya-budaya tertentu yang sering dikhawatirkan mengikis kearifan lokal budaya setempat. Karena itu, James Sumendap mengajak semua komponen Masyarakat untuk turut serta menjaga kelestarian adat dan budaya local.

“Budaya dan adat adalah warisan leluhur nenek moyang yang perlu dilestarikan. Ini menjadi tantangan terbesar bagi kita di Tengah arus modernisasi,” kata Bupati Minahasa Tenggara dua periode tersebut yakni 2013-2018 dan 2018-2023.

Kepedulian atas pelestarian adat dan budaya ini antara lain dilakukan Sumendap dengan menggagas pelaksanaan Festival Bentenan Lakban saat kepemimimpinannya sebagai Bupati Mitra. Berbagai tampilan adat dan budaya disuguhkan dalam kegiatan ini.

“Budaya Minahasa perlu kita jaga dan terus kita lestarikan, karena mulai terkikis dengan budaya asing. Saya ingin memberikan hal yang sangat berharga bagi para generasi muda bagaimana menjaga, merawat, dan melestarikan tradisi dan budaya lokal,” sebut mantan anggota DPRD Sulut dua periode ini James Sumendap.

(J.S)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.