Penyakit Menular Masih Mengincar Warga Bolmong?

Kepala Dinas Kesehatan dr Rudiawan

Kepala Dinas Kesehatan dr Rudiawan

Bolmong – Ternyata penyakit menular masih merupakan ancaman terhadap warga yang mendiami tanah Totabuan yakni di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Pasalnya, sikap antisipasinya masih terbilang belum membudaya bagi warga. Tak heran, jika Grafik penderita penyakit menular masi pada posisi yang berubah-ubah.

Kepada suarasulutnews.co.id, Kepala Dinas Kesehatan dr Rudiawan Mengatakan. Penyakit menular untuk Bulan ini mulai menurun. Namun hal ini bukan berarti menjadi titik aman bagi warga. Karena menurutnya, perilaku hidup sehat itu juga dapat membantu warga terhindar dari penyakit.

“Penyakit menular yang masih mengancam, antara lain Demam Berdarah Dangue (DBD), Tuberkulosis (TBC), Kusta, Rabies dan Hepatitis. Namun, satu kesukuran untuk saat ini sudah menurun. Muda-mudahan kondisi ini akan terus bertahan.”Ujar Rudiawan.

Meski demikian Kata Rudiawan, masih banyak masyarakat yang diketahui belum terdata oleh dinas kesehatan.

“Masih banyak masyarakat yang menjadi penderita penyakit yang belum terdata,”Kata Rudiawan.

Menurutnya, data penderita penyakit menular belum mencakup seluruh penderita di Bolmong.

“Kendalanya juga ada di masyarakat, yang kadang tidak melaporkan kepada instansi kesehatan jika terdapat penderita penyakit menular,” ucap nya.

Ditambahkannya lagi, berdasarkan investigasi medis, pada tahun 2015 ini merupakan siklus penyebaran penyakit menular lima tahunan. Namun, di Bolmong tidak menunjukan kenaikan penderita.
“Tahun ini, untuk sementara penyebaran penyakit menular menurun dari tahun sebelumnya,” ujar Rudiawan.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap bahaya penyakit menular.

“Walaupun datanya menurun, namun diharapkan kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyakit menular,” kata Rudiawan. (Sulhan)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.