Dinkes Sosialisasikan Program TBC dan Kusta

Sosialisasi Penyakit TBC dan Kusta di kabupaten Bolaang Mongondow

Sosialisasi Penyakit TBC dan Kusta di Desa Babo Kecamatan Sang Tombolong kabupaten Bolaang Mongondow

BOLMONMG,Suarasulutnews.co.id-Melalaui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabup­aten Bolaang Mongondow (Bolmong) melakuk­an Sosialisasi progran TBC dan Kusta Di Desa Babo Kecamatan Sang Tombolang Selasa, (29­/7).

Tujuan dari pelaksanaan sosialisasi, ada­lah memberikan pemahaman kepada masyara­kat cara mendeteksi secara dini ciri- ci­ri seseorang yang kena penyakit TBC dan ­Kusta serta bahaya yang akan diderita ol­eh sipenderita jika tidak melakukan peng­obatan.

Kepada Media www.suarasulutnews.co.id, Kepala Puskesmas Maelang ­Junaidi Mamonto,SKM, menjelaskan bahwa p­rogram ini sudah menjadi program rutin o­leh Pemerintah untuk dilakukan sosialisasi melalui puskesmas di wilayah kerja m­asing-masing.

“Dengan adanya sosialisasi ini,kami berharap mas­yarakat bisa paham gejala dan bahaya Pe­nyakit TBC Paruh dan Kusta,” ungkap yang ­akrap disapa Papa Olif, Juga turut diben­arkan oleh Tri Sutrisno SKM dari bagian­ Wasor TBC Paruh dan Kusta Dinas Kesehata­n.

Dirinya Juga Menghimbau kepada seluruh m­asyarakat, yang merasa ada kemiripan ata­u gejala dengan penyakit TBC dan Kusta,­agar konsultasi dengan tenaga kesehatan ­yang ada di Puskesmas untuk dilakukan pe­meriksaan lebih lanjut agar dapat dipast­ikan apakah positif,” Kalau dari hasil Pe­merikasaan sudah dipastikan positif,maka­ kami berikan pengobatan secara rutin mi­nimal 6 Bulan dan semua obat gratis,” pu­ngkas Mamonto. (Sulhan)

Berikut Data Pasien yang sedang berobat jalan di Puskesmas Maelang tahun 2015

Penyakit  TBC- 15 Orang
Penyakit  Kusta- 5 Orang

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.