Ketua DPR : Jangan Ajak Saudara ke Jakarta

Parlemen,Suarasulutnews.co.id-Ketua DPR RI Setya Novanto mengingatkan kepada buruh di Jakarta yang hendak pulang kampung untuk tidak mengajak saudara atau kerabatnya saat kembali ke Jakarta. Sebagaimana diketahui, terkadang seseorang yang mudik ke kampung halaman, kemudian mengajak kerabatnya untuk ikut ke Jakarta, dengan diiming-imingi segudang lapangan kerja.

“Selamat mudik. Tapi jangan bawa saudara atau teman dari kampung halaman yang tidak memiliki keahlian atau pendidikan yang baik,” Novanto, usai berbuka puasa dengan ratusan buruh di Kampung Pulo Kapuk, Dusun III, Desa Mekar Mukti, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/07/15).

Politisi F-PG ini mengatakan, sebenarnya tak ada yang salah dengan orang yang mau datang ke Jakarta untuk mengadu nasib. Namun, menurutnya, seharusnya orang tersebut memiliki keahlian khusus atau jenjang pendidikan yang cukup, agar mampu bersaing dan mendapatkan pekerjaan yang baik untuk masa depannya.

“Jika tidak, orang tersebut tentunya akan tersisih dari kehidupan ibu kota yang keras, sehingga sebaiknya orang tersebut tetap berada dan tinggal di kampung halaman, untuk membangun kampung halamannya,” saran Novanto.

Politisi asal Dapil NTT ini menilai, untuk tinggal dan hidup layak di ibukota yang terkenal keras ini, harus memiliki modal keahlian dan keterampilan khusus, serta pendidikan yang baik.

Ia juga berpesan kepada para buruh yang tidak mudik pulang kampung, untuk ikut menjaga keamanan di lingkungan tempatnya tinggal. Mengingat, banyak rumah yang ditinggal mudik, berpotensi mendatangkan aksi kriminal.

“Saya meminta buruh yang tidak mudik untuk menjaga harta benda rekan-rekannya yang mudik, dan selalu waspada dengan aksi pencurian dan kriminalitas lainnya, termasuk bahaya kebakaran yang akhir-akhir ini marak terjadi di Cikarang dan sekitarnya,” kata Novanto yang saat acara didampingi oleh Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. (sf) Foto: Naefuroji/parle/od/dpr.go.id)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.