Perayaan Hari Raya Kulipot Dirangkaikan Halal Bil Halal Kecamatan Lolayan

BOLMONG,Suarasulutnews.co.id – Merupakan gagasan masyakat Desa Mopait sejak tahun 2011,untuk memanifestasikan kearifan lokal dan moment pasca hari raya Idul Fitri sebagai ajang Halal Bil Halal,  dengan mengangkat kuliner khas Bolmong yakni kulipot.

Tradisi Lebaran Kulipot bahkan telah di tetapkan dalam Peraturan Desa (Perdes) sejak tahun 2012 oleh desa Mopait , dengan tujuan antara lain mengangkat kearifan lokal budaya Bolaang Mongondow , dari deglarasi budaya asing.

Lebaran kulipot juga sebagai sarana menyambung tali silaturahim antar warga masyarakat sesuai dengan filosofi orang Bolaang Mongondow tentang persaudaraan dan kebersamaan.
Perayaan Lebaran Kulipot yang dirangkaikan dengan Halal Bil Halal tingkat kecamatan Lolayan.

Sehubungan Hari Raya Idul Fitri tahun 1436 Hijriah,kali ini dihadiri oleh jajaran Pemkab Bolmong, yang dipimpin langsung oleh Bupati Hi Salihi Mokodongan.Diawal sambutannya Bupati  menyampaikan .

“Selamat Hari Raya Idul Fitri satu Syawal 1436 Hijriah, Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan bathin”.

Bupati mengatakan moment lebaran Kulipot dan Halal Bil Halal merupakan ajang silaturahmi untuk lebih memperkuat komitmen dan tekad guna lebih meningkatkan kualitas Iman dan Tagwa kepada Allah SWT.

Lebih jauh Bupati berpesan untuk selalu menjaga persatuan dan keamanan wilayah demi tercipta suasana kondusif. Jalin silaturahmi serta pererat tali persaudaraan, sehingga tercipta solidaritas sesama umat beragama. Hidupkan kembali sangat Momosad dalam kehidupan bermasyarakat serta melestarikan kebudayaan daerah.

Diakhir sambutannya Bupati berharap kepada seluruh warga masyarakat untuk terus bwrkomitmen bersama, berperan bersama, dan bekerja bersama, dalam rangka melanjutkan dan meneruskan pembangunan di seluruh wilayah Bolaang Mongondow pada tahun tahun selanjutnya, demi mewujudkan Bolaang Mongondow yang lebih berbudaya, lebih berdaya saing dan lebih sejahtera.

Usai sambutan Bupati didampingi wakil ketua DPRD serta jajaran pemkab meninjau stand RT dan remaja masjid , yang menyajikan makanan dan minuman yang akan disantap bersama.Perayaan lebaran Kulipot tersebut tidak hanya berlangsung di lapangan Mopait , namun juga di rumah rumah warga masyarakat Desa Mopait, kecamatan Lolayan. ( Sulhan)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.