Dikpora Minsel Sosialisasi DAK 2015

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Ollyvia K.Lumi Sstp.Msi

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Ollyvia K.Lumi Sstp.Msi

AMURANG,Suarasulutnews.co.id-Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga(Dikpora), Kabupaten Minahasa Selatan Kecipratan Dana Alokasi Umum(DAK) dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara,dengan jumlah total dari dana APBN RP.16.569.202.207,sedangan untuk pendamping Rp.1.656.920.221 dengan total keseluruhan Rp.18.226.122.428 .Dana tersebut akan dikelolah dalam bentuk proyek pembangunan Ruang Kelas Baru(RKB),Rehap bangunan,Perpustakaan dan Sanitasi.

Hal ini dikatakan kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Ollyvie Lumi S.stp.Msi, kepada media ini,untuk DAK tahun 2015 yang sudah dilakukan sosialisasi bagi para penerimah DAK.

“Mekanismenya adalah penggunaan DAK tersebut bagi penerima,serta mengantisipasi adanya penyimpangan proyek DAK,sehingga kami mengumpulkan sejumlah Kepala sekolah baik tingkat SD,SMP dan SMA serta SMK, yang akan menerimah DAK tahun 2015,”jelas Lumi.

Dijelaskan Lumi lagi, untuk tahun 2015 ini calon penerimah DAK hanya sekitar 50 sekolah,nantinya meamsuki tahun 2016 akan ada juga sekolah yang akan menerimah DAK tahun 2016.

“Jadi,jika ditahun ini sudah menerimah DAK, maka tahun berikutnya tidak bisa lagi menerimah DAK,”katanya menjelaskan .

Para kepsek penerima diberikan penjelasan mengenai waktu pelaksanaan, syarat yang harus dipenuhi, termasuk petunjuk pelaksanaan, serta proyek apa saja yang diperoleh tiap sekolah dari dana DAK tersebut.

Dana tersebut,pengelolaannya yaitu secara swakelola dan ada juga yang melalui proses tender (kontraktor). Adapun beberapa proyek yang akan dilaksanakan menggunakan dana DAK di antaranya, pengadaan alat peraga, peralatan lab, buku referensi, rehab ruang kelas, pembangunan RKB, pembangunan perpustakaan, dan sanitasi.(jaan)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.