Tahun Ini 60 Kampung Gelar Pilkap Serenta

terpisah Asisten I Setda Sangihe Drs I Sombounung

terpisah Asisten I Setda Sangihe Drs I Sombounung

TAHUNA,Suarasulutnews.co.id- Tahun ini sedikitnya 60 kampung dari total 145 kampung di Kabupaten Sangihe akan akan menggelar pemilihan kepala kampung (Kapitalaung) secara serentak. Kalau tak ada aral merintang, pemilihan kapitalaung (Pilkap) tersebut akan di gelar bulan Aprli
mendatang, sambil menunggu Perda Tentang Pilkap disahkan DPRD.
Demikian dikatakan Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Drs Ashari Mandiri dikonfirmasi, senin (25/01) kemarin.
“Masih menunggu pengesahan Perda, setelah disahkan akan dilanjutkan dengan tahapan pilkap,”kata Mandiri.
Lanjut dikatakan mantan Camat Tahuna itu, 60 kampung yang akan menggelar pilkap merupakan gelombang pertama pemilihan secara serentak, yang kemudian ada 25 kampung yang menyusul pada tahun 2017 terkait kapitalaung 25 kampung dimaksud akan berakhir tahun 2016.
“Ada 25 Kapitalaung berakhir masa jabatannya tahun 2016 ini, dan ke 25 kampung tersebut akan melaksanakan pemilihan di tahun 2017,”jelasnya.
Sementara ditempat terpisah Asisten I Setda Sangihe Drs I Sombounung kepada wartawan mengatakan, bupati telah menurunkan surat kemasing-masing camat untuk mengusulkan penjabat Kapitalaung guna mengisi kokosongan akibat berkhirnya masa jabatan Kapitaluang,sekaligus segera membentuk panitia pemilihan dalam waktu yang tidak terlalu lama.
“Sesuai amanat UU nomor 6 tentang desa dan PP 43 tentang pelaksanaan UU nomor 6, camat mengusulkan penjabat Kapitalaung dari unsur PNS,”ujar Sombonaung.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.