Pemkab Bolmong Akan Adakan Laboratorium Guna Pengawasan Kawasan Pertambangan

Kepala Badan Lingkungan Hidup, Ir. Mohamad Yudha Rantung

Kepala Badan Lingkungan Hidup, Ir. Mohamad Yudha Rantung

Bolmong,Suarasulutnews.co.id – Potensi Sumber Daya Alam (SDA) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) di akui memiliki potensi yang sangat menjanjikan, salah satunya dari sektor pertambangan. Di sisi lain, dampak dari pengeksploitasianya juga di perhatikan dampak terhadap lingkungan.Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) akan mengupayakan pengadaan Laboraorium untuk uji sample.
Bupati Bolmong Hi Salihi Mokodongan melalui Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Ir.Moh Yudha Rantung mengatakan, pengawasan terhadap kegiatan pertambangan perlu di optimalkan, sehingga di perlukan peralatan laboratorium untuk melakukan tes kualitas air dan tanah serta udara.

 

“Hal ini suda di Konsultasikan dengan Pimpinan (red.Bupati) dan di respon sangat baik,” ujarnya.
Menurutnya, jika pengadaan Laboratorium tercamapi, maka itu juga bisa menjadi sumber PAD gagi daerah.

 

“Selain untuk kepentingan pengawasan lingkungan, Jika ada pengusaha ataupun ada instansi pemerintah daerah lain ingin melakukan uji lab. pastinya akan di kenakan biaya,” katanya.
Dikatakanya lagi kalau pihaknyajuga akan bekerjasama dengan pihak sekolah agar siswa dapat menggunakan jasa fasilitas milik pemda tersebut.

 

“Nanti BLH akan kerjasama dengan dinas pendidikan. Siswa yang mau tugas mendalami fungsi alat lab dan kimia bisa datang disini. Kita sudah miliki ahli kimia,” pungkasnya.(sulhan)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.