Pemkab Bolmong Rancang Kenaikan TPP

Ashari: Kenaikan PAD Menetukan Kepastianya

Sekretaris Daerah Drs. Ashari Sugeha

Sekretaris Daerah Drs. Ashari Sugeha

Bolmong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) saat ini sedang merancang kenaikan Tunjangan Penghasilan Tetapt (TPP) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal itu sebagaimana di pertegas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Ashari Sugeha.Kamis (4/8).

Menurutnya. Sejak ahir tahun 2015 lalu, pihaknya sudah merencanakan akan menaikan TPP bagi bawahanya itu, dan sebua kesyukuran baginya, meski berganti kepemimpinan pengambil kebijakan di Bolmong. namun hal tersebut justru mendapat respon yang cukup baik dari Penjabat Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung.

“Pak Bupati sangat serius berupaya menambah kesejahteraan PNS,” ungkapnya.

Jika sesuaikan dengan kondisi saat ini kata Ashari. Jumlah TPP yang di terapkan oleh pemkab bolmong selama ini yakni sebesar Rp.600 ribu hampir tidaklah ada artinya di bandingkan dengan pengeluaran PNS.

“Jika di bandingkan dengan Kabupaten/Kota yang ada di Sulut, memang TPP Bolmong menempati sala satu yang ada di urutan terbawah.” ungkapnya.

Meski demikian dirinya juga tak menampik, kalau untuk menaikan TPP harus di barengi dengan kenaikan pendapatan daerah juga, baik melalui sektor pajak maupun lainnya.

“Kalau PAD naik dari sebelumnya sekira Rp.31 miliar, maka bisa saja TPP naik. Apalagi, belanja pegawai saat ini sudah mencapai sekira 60 persen,” jelasnya.

Selain itu tambahnya lagi, kenaikan TPP itu juga tidak akan di peroleh secara gratis, akan tetapi harus di barengi dengan kinerja.

“Ini boleh berlaku asalkan kinerja PNS bisa meningkat yang akan di nilai dengan asensi kehadiran,” pungkasnya. (Sulhan)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.