Jembatan Holtekamp Kota Jayapura Dibangun Diatas Laut Sepanjang 732 M.

Jembatan Holtekamp Kota Jayapura Sementara di Kejakan Oleh Tiga Perusahan Besar.

NASIONAL,- Pemerintah Republik Indonesia (RI) yang dipimpin Presiden Ir. Joko Widodo, saat ini sedang melaksanakan pengerjaan Jembatan dengan panjang total 732 meter yang membentang di atas laut di Teluk Youtefa di Jayapura.

Jembatan ini dibangun oleh tiga perusahaan milik negara, PT Pembangunan Perumahan, PT Hutama Karya, dan PT Nindya Karya. Pembangunannya kini telah mencapai 78 persen, dan Insya Allah akan rampung pada bulan September 2018, lebih cepat dari rencana semula tahun 2019.

Penggunaan bahan material berupa rangka bajanya dirakit di Surabaya, Jawa Timur. Material pembangunannya sebagian didatangkan dari Bitung, Sulawesi Utara. Begitulah Jembatan Holtekamp di Kota Jayapura dibangun.

Direncanakan pada 25 September nanti, konstruksi rangka baja bentang utama Jembatan Holtekamp yang panjangnya 112 meter akan dikapalkan dari Surabaya menuju Jayapura, dengan menempuh perjalanan laut melewati Kawasan Laut Banda.

Apabila bila nanti pengerjaan jembatan telah rampung, Jembatan Holtekamp akan memangkas waktu tempuh dari Kota Jayapura ke Muara Tami maupun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw dari 2,5 jam saat ini, menjadi 60 menit. Selain itu, tentu saja Jembatan Holtekamp juga akan menjadi ikon dan destinasi wisata baru di Papua. Di kaki jembatan akan ditata taman dan ruang terbuka hijau, dan di bawahnya bisa dikembangkan olahraga air seperti ski dan dayung.(KPUPR/Jaan)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.