H-7 Idul Fitri Lonjakan Penumpang Sangihe-Manado Masih Normal

 Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna, Robby Johanes

Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna, Robby Johanes

Tahuna- Jelang H-7 perayaan Idull Fitri 1437 Hijriyah, lonjakan penumpang kapal Laut di Kabupaten Kepulauan Sangihe masih normal. Kepala Kantor UPP Kelas II Tahuna, Rustam S Sos melalui salah satu kepala KTU, Robby Johanis membenarkannya  saat dikonfirmasi Rabu (29/07) kemarin.

”Saat ini untuk arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri masih belum terlihat banyak, yang datang dari dalam dan luar kota yang berangkat menggunakan kapal baik pagi hari maupun malam semuanya masih terkendali,”ungkapnya.

Meski begitu, ia memprediksi dipastikan lonjakan penumpang kapal rute Manado-Tahuna PP akan terjadi dimenjelang libur panjang dan cuti lebaran, karena banyak masyarakat Sangihe yang berdomisili di luar daerah akan pulang.

“Kemungkinan lonjakan penumpang nanti akan terlihat mulai akhir pekan ini, karena selain menghadapi perayaan ke agamaan juga ada libur panjang cuti bersama,”kata Johanis.

Disentil adanya lonjakan penumpang pada H-3 sampai H-1 lebaran, Johanis mengatakan, pihaknya tetap akan melakukan pengawasan di pelabuhan Tahuna, guna keselamatan penumpang itu sendiri.

“Untuk menghindari over kapasitas penumpang menjelang lebaran nanti, kami akan melakukan pengawasan dan tidak akan mengjinkan kapal berangakt dengan penumpang yang over,” tegasnya.

Ditambahkan, ketersediaan transporasi laut tetap terjamin disaat momen Idul Fitri, karena setiap hari ada tiga kapal yang berangkat dari Sangihe ke Manado, begitu juga sebaliknya.

”Kami menjamin hingga H-1 semua warga bisa pulang berlibur atau merayakan lebaran di Sangihe,”pungkasnya.(feleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.