Kementerian Desa Siap Bangun Pabrik Es Mini di Salurang

kepala BPM Kabupaten Sangihe, Drs T Kawasa

kepala BPM Kabupaten Sangihe, Drs T Kawasa

Tahuna-Kementerian Desa Tahun 2016 ini akan membangun fasilitas perikanan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, yakni pabrik es mini di kampung Salurang serta cool storage di Kecamatan Tabukan Selatan Tengah.

Hal ini dikatakan Kepala Badan Pemberdayaa Masyarakat (BPM) Sangihek, Drs. T. Kawasa. Terkait dengan bantuan tersebut, saat ini juga Tim Kementerian Desa tengah berada di Sangihe untuk melaksanakan survey lokasi tempat pelaksanaan kegiatan.

”Tim Kementerian Desa so ada di Sangihe untuk malakukan survey, karena pembangunan pabrik es dan cool storage akan dibangun tahun ini,”kata Kawasa.

Hal ini juga dibenarkan ketua Tim Kementerian Desa, Simon Lumban Gaul saat ditemui usai bertemu dengan Bupati Drs. H.R.Makagansa MSi, Kamis (23/06) kemarin.

Dikatakan, realisasi program Kementerian Desa tersebut merupakan usulan pemkab setempat untuk mendorong perekonomian perdesaan.

”Maksud tim melaksanakan survey untuk melihat lokasinya sesuai dengan fasilitas yang akan ditempatkan, serta memastikan apakah bantuan benar-benar sesuai kebutuhan rakyat dan tidak mubazir,”kata Gaul.

Ditambahkan, untuk kapasitas pabrik es mini tergolong lumayan, yakni bisa memproduksi es sebanyak 20 ton per hari serta kapasitas cool storage sekitar 3 ton per hari.

”Sekembalinya ke Jakarta hasil survey akan segera kami laporakan dan akan diupayakan pembangunan pabrik es mini dan cool storage ini secepatnya direalisasikan,”ujarnya.(fele)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.