Masuk Daerah Percontohan,Nelayan Sangihe Wajib Menjadi Anggota Koperasi

Kadis Kelautan Perikanan Sangihe, Ir.Feliks Geghaube

Kadis Kelautan Perikanan Sangihe, Ir.Feliks Geghaube

Tahuna-Kabupaten Kepualauan Sangihe Tahun 2017 ini menjadi salah satu daerah percontohan perikanan di tanah air. Karena menjadi daerah percontohan, kini nelayan di kawasan yang berbatasan dengan negara tangga Philipina tersebut wajib menjadi anggota koperasi.

Kadis Kelautan dan Perikanan (DKP) Sangihe, Ir.Feliks Geghaube membenarkan dikonfirmasi sejumlah wartawan, Jumat (20/01) kemarin.

Menurutnya, wadah koperasi bagi nelayan juga merupakan syarat utama dalam mendapatkan bantuan, sebab nelayan yang tak masuk dalam wadah koperasi nelayan tidak akan mendapat jatah bantuan dari pemerintah.

”Jadi nelayan so harus masuk dalam wadah koperasi, karena tanpa koperasi nelayan bersangkutan tak akan mendapat bantuan dari pemerintah, dan nantinya akan turun tim yang akan melakukan verifikasi,”ungkapnya.

Terkait keanggotaan koperasi, pihak DKP lanjut Geghaube, akan berkoordinasi dengan instansi terkait, dalam hal ini Dinas Koperasi yang diharapkan mampu mewadai nelayan untuk dapat menjadi anggota koperasi, termasuk melakukan pembinaan dari sisi kelembagaan maupun pemahaman akan
pentingnya manfaat koperasi bagi nelayan.

”Nantinya akan terjadi sinergitas antara Dinas Koperasi dengan DKP, dimana Dinas Koperasi akan melakukan pembinaan dari sisi kelembagaan dan usaha serta DKP dalam hal penangkapan maupun pembudidayaan ikan,”ujar Geghaube yang juga menambahkan, dari sisi anggaran SKPD terkait juga akan mengalokasikannya lewat programnya masing-masing.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.