Minim Bersekolah Tinggi Negara,Pelajar Sangihe Perlu Karakter dan Penguasaan Ilmu

Bupati Kabupaten Sangihe, Jabes Esar Gaghana SE,ME

Bupati Kabupaten Sangihe, Jabes Esar Gaghana SE,ME

Tahuna-Bupati Kabupaten Sangihe, Jabes Esar Gaghana SE,ME memiliki keprihatinan dan perhatian tersendiri terhadap generasi Sangihe yang belakangan ini jarang tembus di sekolah tinggi negara.  Tak heran, Gaghana pun mendorong para lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) asal Kabupaten Sangihe mampu bersaing pada sekolah- sekolah khusus, seperti Institut Pemertintahan Dalam Negeri (IPDN) dan Kemiliteran.

Pernyataan Gaghana tersebut juga mencermati realitas dari lulusan asal daerah yang sangat minim diterima dalam sekolah tersebut sehingga perlu adanya penguatan karakter dan mental spiritual disertai penguasaan dasar disiplin ilmu. Gaghana berharap, metode penguatan karakter dan mental spiritual menjadi hal yang sangat penting untuk diterapkan dalam lembaga pendidikan.

“Ada sebuah catatan yang ingin saya ingin sampaikan karena penguatan karakter ini kurang. Ketika penerimaan sebuah sekolah khusus tinggi Negara di beberapa pendidikan seperti IPDN dan kemiliteran kelihatan anak- anak kita agak kurang terhadap persiapan mental dan karakter, sehingga kami perlu lakukan ini, agar ada kesiapan pada pengembangan karakter dan kesiapan mental anak didik kita,” ungkap Gaghana  kepada sejumlah wartawan belum lama ini. Selain mendorong pelajar perlu penguatan karakter dan mental, harus dilakukan juga pada tenaga pendidikan, dimana tenaga pendidikan memiliki peran yang strategis dalam lingkungan sekolah dan kehidupan kemasyarakatan.

”Untuk itu saya berharap, jajaran Pendidikan di Kabupaten Sangihe tidak  mengesampingkan kuantitas lulusan namun kualitas lulusan  juga harus dipersiapkan,” ujar Gaghana sembari menambahkan, pemerintah juga sedang fokus terhadap upaya pembentukan karakter generasi muda demi menciptakan intelektual berkualitas, sehingga sebaiknya mulai ada perubahan dalam dunia pendidikan di Sangihe. (eleh)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.