Awal Tahun Baru Kawangkoan Punya Hajatan Besar.

Minahasa – Minggu pertama momen tahun baru 2024. Kota Kacang Kawangkoan bakal ramai dengan sebuah hajatan besar dan bergengsi. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Tim Kerja Pesta Rakyat Kawangkoan Ricky Laloan SH dalam rapat Tim Kerja yang digelar Jumat (29/13/2023) di rumah dinas Pj Bupati Minahasa Tenggara.

“Undangan untuk Gubernur bersama Wakil Gubernur Sulut serta Sekprov sudah disampaikan langsung dan Tim Kerja melakukan audiens dengan Pak Gubernur terkait kegiatan ini. Dan pak Gubernur menyatakan kesediaan hadir dalam kegiatan ini,” ujar Laloan.

Laloan mengatakan adapun Tema dalam acara tersebut adalah Sa Kita Esa Keter Kita Sa Kita Keter Mamuali Kita.

Lanjutnya, Pergelaran Adat tersebut terdiri dari Gelar Adat yang diberikan kepada Pj Bupati Minahasa Tenggara Ir Ronald Sorongan M.Si dan Pj Bupati Sitaro Drs Joi Oroh M.Si berupa Gelar Adat Aka Umbanua, yang artinya gelar yang diberikan kepada pimpinan suatu negeri. Kemudian kepada Dr Arnold Poli M.Si yang kini menjabat Direktur IPDN Sulut, diberikan Gelar Adat Walian Papendangen, artinya gelar ini diberikan kepada orang bijaksana dalam pendidikan.

“Gelar adat ini diberikan kepada ketiga tokoh ini yang merupakan putra-putra terbaik asal Kawangkoan. Ketiga tokoh ini dinilai berjasa dibidangnya masing-masing dan juga dinilai telah mengharumkan nama Kawangkoan di bidang pemerintahan dan pendidikan,” tutur Laloan.

Nantinya gelar adat ini akan diserahkan langsung oleh Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O Kandouw dan Pj Bupati Minahasa Jemmy S Kumendong, atas nama masyarakat Kawangkoan.

“Gelar adat ini akan diserahkan langsung oleh Pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur Sulut dan Pj Bupati Minahasa,. Setelah melalui sidang adat dan persetujuan oleh sembilan perwakilan tokoh adat di Kawangkoan di Gedung Paleloan Kawangkoan,” tukasnya.

Usai pergelaran adat, akan dilanjutkan dengan ibadah syukur di Gereja GMIM Sion Sentrum Sendangan bersama dengan jemaat dan para undangan.

“Untuk melengkapi sukacita masyarakat Kawangkoan akan dilanjutkan dengan ibadah syukur di GMIM Sion Sentrum Sendangan ,” tukas Laloan.

Ditambahkan Laloan, selain ketiga tokoh ini ada pemberian piagam penghargaan kepada tokoh masyarakat Kawangkoan yang juga dianggap berjasa bagi bangsa ini dan telah mengharumkan nama Kawangkoan diberbagai bidang. Diantaranya Mantan Gubernur Sulut SHS, A J Sondakh, kemudian Tokoh Pers Mendur Bersaudara. Mantan Wakil Bupati Minahasa Ivansa dan masih banyak lagi tokoh yang akan menerima piagam penghargaan dari masyarakat Kawangkoan.

Dalam rapat tersebut turut hadir Pj Bupati Minahasa Tenggara, dan turut memberikan beberapa saran dan petunjuk demi suksesnya acara ini.

Selanjutnya untuk memantap kegiatan Pesta Rakyat Kawangkoan ini akan dilakukan gladi kotor pada tanggal 3 Januari dan gladi bersih pada tanggal 6 Januari di lokasi kegiatan yakni di Depan Gereja GMIM Sion Sentrum Sendangan yang akan dihadiri oleh ketiga tokoh penerima gelar adat.

(Farly)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.