Parawisata di Minsel Tak Layak di Jual?

Toko Masyarakat Kabupaten Minsel Dicky Umpel

Toko Masyarakat Kabupaten Minsel Dicky Umpel

Amurang-Daerah Kabupaten Minahasa Selatan(Minsel),merupakan salah satu Daerah di Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) dengan ibukota Amurang.Ternyata Daerah ini memiliki seudang objek parawisata ,yang tidak kalah dengan Daerah lainnya,yang memiliki objek wisata seperti wisata bahari Pantai Moinit,Alar,Wawontulap,Batu Kapal dan masih banyak lagi,seperti Air Terjun Popontolen,Air Terjun Tekaan,Sungai Maruasey,Batu Dinding,dan Parawisata di Kecamatan Modoinding.

Kepada media ini Salah satu Toko Masyarakat(Tokmas) Dicky Umpel mengatakan bahwa untuk semuan objek wisata di Daerah ini memiliki daya tarik tersendiri,sehingga itu bisa di promosikan.

“Sebagai warga Minsel saay sangat kagum dengan semua wisata di Minsel,ada begitu banyak,”kata Umpel.

Tetapi menurut Umpel untuk mempromosikan Parawisata dengan kondisi yang aad sekarang itu belum layak untuk dijual,karena kepedulian Pemerintah praktis belum ada.

“Pertama,untuk akses menuju tempat Parawisata tersebut tidak layak,Kedua untuk mempromosikan Minsel jika ada turis asing mau datang,apa yang menjadi ikon atau mascotyang bisa dilihat di Minsel,Ketiga,berbicara untuk usaha kerakyatan yang ada,misalkan untuk dijual kepada turis,ingat satu yang tidak bisa diandalkan,”katanya.

Sedangkan untuk wisata kuliner di daerah ini,kata Umpel masih sangat kurang,contohnya Dodol,itu tidak ada,walaupun setiap tahunnya warga Minsel merayakan pengucapan syukur dengan membuat Dodol.

“Jadi banyak hal yang harus dibenahi dulu,jangan berteriak mau tingkatkan parawisata,tetapi tidak buat apa,yang harus diharapkan,”katanya.

Iapun menyingung mengenai parawisata yang ada di Kecamatan tenga,yakni Parawisata Mointi,yang sampai saat ini begitu banyak sampah.

“Moinit parawisata yang sudha dikenal.Anda bisa lihat sendiri,ada begitu banyak sampah di Parawisata Moinit tersebut,lokasi tersebut sangat bagus,tidak kalah dengan tempat lain.Apkah itu mau dijual ?,”tanya Umpel.(jaan)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.