Bupati Depri Buka Pelatihan Keterampilan Manajemen BUMDes

Bupati Depri Buka Pelatihan Keterampilan Manajemen BUMDesBoroko– (11/06) Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH secara resmi membuka Pelatihan Keterampilan Manajemen Badan Usaha Milik Desa Tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang bertempat di Lantai 3 Kantor Bupati.

Pelatihan yang digelar oleh BPMPD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ini bertujuan untuk mencapai terbentuknya BUMDes di Desa-Desa sesuai Permendes no. 4 tahun 2015 tentang pedoman pembentukan Badan Usaha Milik Desa dan untuk meningkatkan perekonomian Desa, pendapatan asli Desa serta meningkatkan pengelolaan potensi Desa sesuai kepentingan masyarakat dan menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomo di Desa.

Dalam acara tersebut, dilaksanakan penyerahan Nomor Rekening Desa oleh Kepala Bank Sulut Cabang Boroko Kennedy Paputungan kepada Bupati Bolaang Mongondow Utara yang selanjutnya diserahkan secara simbolis kepada perwakilan Sangadi se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Dalam sambutanya, Bupati mengatakan beberapa tahun terakhir Pemerintah telah berupaya memperkecil jumlah penduduk miskin melalui program-program di berbagai sektor, namun program penanggulangan kemiskinan bersifat kompleks dan memerlukan waktu panjang serta dana yang besar, maka penanganannya mutlak dilaksanakan secara terpadu, bertahap dan lebih spesifik oleh semua pihak yang terkait di setiap tingkatan mulai dari proses perencanaan hingga realisasi di lapangan.

Program pengembangan ekonomi pedesaan yang mengikutsertakan tingkatan masyarakat akan dapat meberikan sumbangan yang lebih besar bagi kemajuan dan kesejahteraan terutama untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian. Berbagai upaya telah ditempuh pemerintah daerah merupakan bagian integral dari upaya penghapusan kemiskinan, pemerataan pembangunan, peningkatan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia serta kualitas hidup dan kehidupan masyarakat di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Untuk itu, Bupati menghimbau kepada semua pihak yang berkepentingan untuk lebih meningkatkan kerja sama dan koordinasi antar Instansi Pemerintah, Dunia Usaha, Lembaga Swadaya Masyarakat dan komponen masyarakat lainnya dalam membangun Daerah.

Hadir sebagai pemateri dalam sosialisasi ini diantaranya Kepala Sub Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat BPMPD Provinsi Sulawesi Utara Drs. Warokka dan Asisten Administrasi Umum Sekda Bolaang Mongondow Utara DR. Asripan Nani, M.Si, dan peserta Camat, Sangadi, Sekretaris Desa dan Ketua BPD se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.(andi)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.