Ipal Hiung Segera Atasi Kekurangan Air Tahuna Timur

Ipal Hiung Segera Atasi Kekurangan Air Tahuna Timur

Ipal Hiung Segera Atasi Kekurangan Air Tahuna Timur

Tahuna-Gara-gara musim kemarau beberapa bulan terakhir ini, sejumlah tempat di Sangihe, termasuk wilayah Tahuna Timur terkena imbas kekurangan air bersih.  Namun permasalahan kekurangan air itu segera teratasi terkait dalam waktu dekat sumber air bersih Ipal Kampung Hiung Manganitu akan difungsikan.

Hal ini dikatakan Plt Direktur PDAM Sangihe, Novilius Tampi kepada sejumlah wartawan (16/06) kemari.

‘’Memang beberapa bulan ini Tahuna Timur sempat kekurangan air karena beberapa sumber air menurun, namun ini akan segera teratasi karena dalam waktu dekat Ipal Hiung segera akan berungsi mendistrubusikan air ke wilayah Tahuna Timur,”ungkap Tampi.

Tidak hanya fokus pada wilayah Tahuna Timur, wilayah Kelurahan Soataloara Tahuna yang turut terkena dampak kemarau, juga akan teratasi lewat upaya PDAM yang memanfaatkan instalasi pipa kosong yang akan teraliri sumber air dari sungai Tamala dan Mahena.

‘’Saat ini kami juga telah memanfaatkan instalasi sumber air sungai Tamala dan Mahena untuk mengatasi kebutuhan air bersih di Kelurahan Soataloara Tahuna,”ungkapnya lagi.

Dikatakan pula, tahun ini PDAM juga akan melakukan optimalisasi jaringan diwilayah Tahuna Timur dengan melakukan penggantian pipa-pipa yang sudah tak layak dengan pipa yang baru, termasuk baru-baru ini PDAM juga telah melakukan pemasangan instalasi baru di wilayah Tahuna, mulai dari Kelurahan Bungalawang, Apengsembeka hingga ke kawasan Boulevard Kelurahan Sawang Bendar.

‘’Rencananya pipa lewat boulevard akan dilanjutkan hingga ke Kelurahan Tidore Tahuna Timur, hingga sebagian suplai air dari Hiung akan dialihkan ke Kelurahan Tapuang,”ujar Tampi seraya menambahkan, pihaknya saat ini juga telah menyiapkan beberapa sumber air di wilayah Tahuna Barat sebagai persiapan akan turunnya proyek susulan dari SDA Sulut.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.