Terus Dilanda Hujan,Bupati Himbau Warga Sangihe Waspadai Longsor

Bupati Drs. H.R. Makagansa MSi

Bupati Drs. H.R. Makagansa MSi

Tahuna-Menyikapi curah hujan yang terus melanda Sangihe dalam dua pekan terakhir ini, Bupati Drs. H.R. Makagansa MSi menghimbau warganya kembali mewaspadai ancaman longsor maupun banjir.

Bagi warga yang berdomisili tak jauh dari bantaran sungai maupun lereng berbukitan, juga diminta untuk terus memantau situasi alam, kalau perlu langsung saja mengungsi ke rumah sanak saudara maupun fasilitas gedung pemerintah serta rumah ibadah yang aman ketika curah hujan semakin deras dan sudah berjam-jam tak berhenti.

”Terutama warga yang berdomisili di tempat yang rawan banjir dan longsor, harus terus mewaspadai dampak curah hujan beberapa hari terakhir ini, dan secepatnya mencari tempat yang aman ketika hujan deras tak berhenti turun,”imbau Bupati yang juga meminta pihak kantor kecamatan maupun keluarhan/kampung turut memantau dampak curah hujan dilingkungannya masing-masing.

Sementara imbas dari curah hujan Jumat minggu lalu, beberapa ruas jalan di Sangihe sempat ditutupi longsor meski penanganannya langsung ditangani pemerintah dan warga setempat.

Dan menurut informasi dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sangihe, Ir. Rence Tamboto, beberapa titik longsor yang sempat terpantau, masing-masing terjadi di jalan kampung Aha Patung Kecamatan Tabukan Selatan Tenggara, kampung Sesiwung, Barangkalang Kecamatan Manganitu serta jalan kampung Nagha dan Pananaru Kecamatan Tamako, termasuk genangan air setinggi setengah meter sempat memasukki beberapa rumah warga di kampung Laine Kecamatan Manganitu Selatan.

”Ada beberapa ruas jalan yang tertimbun longsor saat hujan Jumat pekan lalu, namun langsung ditangani warga dan pemerintah setempat, sehingga arus lalulintas tetap berjalan seperti biasa,”ujar Tamboto.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.