DKP Sangihe Siap Berdayakan Nelayan Lokal

TAHUNA,Suarasulutnews.co.id-Berbicara soal ketrampilan maupun ketahanan saat melaut serta penguasaan teknologi, harus diakui nelayan lokal di Sangihe belum mampu mengimbangi nelayan asing asal negara tetangga Philipina.

Menyadari akan hal itu, pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sangihe mulai tergerak untuk menyiapkan sumber daya nelayan (SDN) lokal yang berkualitas sekaligus memberdayakannya untuk kemajuan perikanan Sangihe kedepan, termasuk untuk peningkatan ekonomi nelayan itu sendiri.

”Memang harus diakui nelayan lokal masih kalah bersaing dengan nelayan asing, dan ini akan menjadi tantangan kita bersama untuk memberdayakan nelayan kita,”ungkap Kadis DKP Sangihe, Ir. Feliks Geghaube ditemui belum lama ini.

Dikatakan, berbagai langkah telah disiapkan guna meningkatkan kualitas SDN di kawasan perbatasan, tak lain akan melakukan pelatihan atau pendidikan ketrampilan nelayan selain pengalokasian sarana penunjang yang tepat tekonologi dan tepat sasaran.

”Tak bisa dipungkiri kualitas SDN serta penguasaan teknologi harus dimiliki nelayan lokal, dan kami sudah menyiapkan program pelatihan agar kedepan nelayan kita benar-benar memiliki kualitas,”ujar Geghaube.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.