Masih Banyak Raport Merah Wabub Kembali Evaluasi Anggaran SKPD

Wakil Bupati Kabupaten Sangihe Jabes Gaghana SE,ME

Wakil Bupati Kabupaten Sangihe Jabes Gaghana SE,ME

TAHUNA,Suarasulutnews.co.id- Wakil Bupati Kabupaten Sangihe Jabes Gaghana SE,ME, Rabu (26/08) kembali mengevaluasi serapan anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Evaluasi sengaja dilakukan untuk mendapatkan hasil riil sejauh mana  SKPD mampu memanfaatkan anggarannya.

Sayangnya pada evaluasi kemarin tak terjadi peningkatan siginifikan, karena hasilnya tidak jauh berbeda mengacu hasil evaluasi triwulan sebelumnya yang notabene banyak SKPD masih mengantongi raport merah alias capaian dibawa 50 persen. Gaghana sendiri saat memimpin rapat sempat menegur satu per satu SKPD yang belum mampu bangkit, termasuk meminta masing-masing istansi teknis mengemukan kendala mengapa serapan anggarannya masih jongkok.

Diingatkan pula soal waktu proses tender yang sudah tidak memungkinkan lagi bisa selesai tahun ini, sebaiknya tak perlu dilakukan dari pada akan menimbulkan masalah baru.

”Kalau ada kegiatan proyek yang tak bisa selesai tahun ini, lebih baik tak usah ditender dari pada menimbulkan masalah dikemudia hari,”kata Gaghana.

Ia juga meluruskan soal ketentuan tambahan waktu 50 hari bagi proyek yang terlambat selesai, pembayarannya tak bisa langsung dicairkan, tapi harus menunggu dialokasikannya lagi pada APBD Perubahan.

”Jadi hanya bisa dicairkan lewat APBDP jika ada proyek yang terlambat dan ditambah 50 hari kerja. Saya minta ketentuan ini disampaikan kepada masing-masing kontraktor pelaksanan proyek,”tegasnya.

Berikut hasil evaluasi dinas/badan yang mampu mencapai serapan anggaran diatas 50 persen per tanggal 24 Agustus 2015, yakni Dinas Perhubungan, 53,54 persen (Raport kuning), PPKAD 61,25 persen (Raport kuning), Perpusatkaan Arsip, 70,29 persen (Raport biru)  Satpol PP 80,96 persen (Raport biru) ,RSUD Liunkendage 61,54 persen (Raport kuning), BLH 61,56 persen (Raport kuninig) serta Badan Perbatasan 50,64 persen (Raport kuning), Untuk Bagian Setda Kantor Bupati, Bagian Hubmas dengan nilai 81,30 persen, Bagian Pemerintahan 72,81 persen serta Bagian Umum 78,88 persen, sama-sama meraih raport biru, sedangkan  Bagian Pembangunan 53,54 persen, Bagian Ekonomi 67,90 persen, PDE 58,02 persen, Bagian Penghubung 62,84 persen dan BLP 57,52 persen meraih raport kuning. Sementara untuk 15 kantor kecamatan, sebagian besar sudah diatas 50 persen dan tersisa kecamatan yang masih raport merah, masing-masing Kecamatan Tahuna Timur, Tamako, Manganitu, Tabukan Utara serta Tabuka Selatan dan Marore.(fb)

 

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.