Lagi Cuaca Buruk,Bupati Gaghana Imbau Warga Sangihe Waspada

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE,ME Kunjungi Puncak Panenteng

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE,ME Kunjungi Puncak Panenteng

Tahuna-Belum lama diterjang angin barat serta gelombang yang tinggi, Kabupaten Kepulauan Sangihe kembali menghadapi cuaca buruk, tepatnya dua hari terakhir ini. Terkait hal itu, Bupati Jabes Gaghana SE,ME menghimbau masyarakatnya bersikap waspasa menyikapi cuaca yang tidak bersahabat.

Selain mengingatkan nelayan yang  notabene selama ini sempat menjadi korban keganasan laut, Bupati juga memita warga yang berdomisili dibantaran sungai, dataran tinggi turut peka terhadap dampai curah hujan, termasuk warga dibantaran pantai juga mewaspadai terjangan ombak.

”Melihat cuaca buruk kembali melanda daerah kita, saya berharap warga terus waspada, termasuk kalangan nelayan turut berhati-hati saat melaut,”imbau Bupati.

Kepada instansi teknis, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bupati juga meminta terus melakukan pemantauan dan segera bertindak cepat ketika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, termasuk meminta pihak kecamatan dan kelurahan/kampung terus melakukan pemantauan wilayah masing-masing selama berlangsung cuaca buruk.

Sementara gara-gara cuaca buruk, keberangkatan kapal malam rute Tahuna-Manado pada Rabu (07/02) lalu terpaksa ditunda keberangkatannya, termasuk kapal cepat yang berangkat pagi tidak bisa berlayar. Hal ini dibenarkan Pelaksana Harian Kepala Unit Penyelenggaran Pelabuhan kelas II Tahuna, Daniel Mahaluen.

Menurutnya, penundaan keberangkatan kapal dikarenakan tinggi gelombang yang mencapai 2,5 meter. Bahkan mencermati informasi pihak BMKG, tinggi gelombang di wilayah perairan Sangihe diperkirakan berlangsung sampai dengan tanggal 9 Februari 2018.

”Sempat terjadi penundaan jam berangkat kapal rute Manado-Tahuna karena faktor cuaca yang tidak bersahabat, termasuk untuk kapal cepat sempat ditunda keberangkatannya,”ujarnya.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply